Jokowi Sebut IKN Sebagai Proyek Terbesar di Dunia Saat Ini

Ameidyo Daud Nasution
9 Agustus 2023, 12:43
ikn, jokowi, ibu kota
ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/sgd/foc.
Presiden Joko Widodo menikmati suasana pagi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, Jumat (24/2/2022).

Presiden Joko Widodo mengatakan saat ini Indonesia tengah menggarap proyek terbesar di dunia. Proyek itu bernama Ibu Kota Nusantara atau IKN.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat pembukaan Musyawarah Nasional Real Estate Indonesia di Jakarta, Rabu (9/8). Presiden mengatakan pembangunan IKN bertujuan untuk membuka pusat pertumbuhan ekonomi baru.

"Proyek terbesar di dunia saat ini mungkin hanya satu: Ibu Kota Nusantara (IKN)," kata Jokowi seperti disiarkan dari Kompas TV, Rabu (9/8).

Oleh sebab itu, Jokowi mengajak para pengusaha properti membeli lahan di ibu kota baru. Apalagi saat ini sudah ada 34 ribu hektare lahan yang bisa dibeli untuk dikembangkan.

"Harganya berapa? tanya Bapak Kepala Otorita IKN," kata Jokowi.

IKN
IKN (Zahwa Madjid/Katadata)

Sebagai informasi, kebutuhan dana untuk pembangunan IKN mencapai Rp 466 triliun. Sebanyak 19% akan dipenuhi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Oleh sebab itu, Jokowi akan memasukan investasi asing ke dalam pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP IKN. Investasi asing akan masuk ke kawasan 1B dan 1C dalam KIPP IKN Nusantara.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR menyatakan proyek pembangunan IKN telah menyerap anggaran Rp 24,16 triliun hingga Maret 2023. Anggaran tersebut terserap untuk 39 paket yang masih dalam tahap pengerjaan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...