AHY Ungkap Risiko Bila Anies Tak Kunjung Umumkan Nama Cawapres

Ade Rosman
11 Agustus 2023, 16:29
Anies AHY Pilpres 2024
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memberikan keterangan pers di Kantor DPP Nasdem, Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyinggung bahaya bila calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan dan Persatuan Anies Baswedan tak kunjung mengumumkan calon wakil presiden. Ia menyebutkan ketidakpastian siapa sosok cawapres membuat mesin koalisi tak bekerja optimal. 

"Seringkali kami mengatakan bahwa ketidakpastian, ketidakjelasan itu membuat orang tidak optimal, begitu pula masyarakat.  Masyarakat menunggu sebetulnya bagaimana kualitas perubahan ini," kata AHY di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Jumat (11/8).

Saat ini Partai Demokrat telah tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan bersama Partai NasDem dan PKS. Meski telah bersepakat mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024, namun hingga kini mantan Gubernur DKI Jakarta itu belum mengumumkan siapa cawapres pendampingnya.

AHY mengatakan, dalam komunikasi yang dijalin antara tiga partai koalisi, Partai Demokrat kerap menyampaikan akan pentingnya waktu. "Demokrat juga termasuk yang terdepan untuk mengatakan waktu itu sangat berharga, waktu sangat berharga, kami ingin segera melakukan berbagai hal yang efektif tepat sasaran," ujar AHY.

Putra Presiden RI ke-6 itu mengaku nama cawapres telah dikantongi Anies, dan tinggal menunggu waktu yang tepat untuk diumumkan. Ia menyebut Demokrat memahami dinamika politik terus bergerak sehingga perlu mempertimbangkan banyak hal dalam mengumumkan sosok cawapres. 

Meski begitu, AHY mengatakan pengumuman cawapres akan mempengaruhi strategi di internal partai pendukung. “Jelas kami ingin sukses dalam pemilu ini, bukan hanya sekadar ikut-ikutan," kata AHY lagi. 

Lebih jauh AHY mengingatkan agar tim pemenangan Anies bisa bersikap taktis dan menyikapi waktu pelaksanaan pemilu dan pemilihan presiden yang semakin dekat. Ia menyebut waktu akan menentukan dalam menggerakkan sumber daya yang ada untuk menang dalam pemilihan legislatif dan pilpres 2024.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...