Jusuf Kalla Tak Permasalahkan Golkar Dukung Prabowo di Pilpres 2024

Ade Rosman
15 Agustus 2023, 14:06
Jusuf Kalla
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) berbincang dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (ketiga kiri) dan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (kedua kanan) saat menghadiri acara puncak HUT ke-58 Partai Golkar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (21/10/2022).

Mantan Ketua Umum Partai Golkar periode 2004 - 2009 Jusuf Kalla alias JK tak mempermasalahkan keputusan partai beringin yang menyatakan dukungan pada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Meski begitu JK mengingatkan bahwa putusan yang diambil tersebut berbeda dengan hasil Musyawarah Nasional Golkar pada 2019 lalu. 

"Ya kalau sulit kan, orang Golkarnya juga itu melihat kenyataan yang ada," kata Jusuf Kalla di Markas Pusat PMI, Jakarta Selatan, seperti dikutip Selasa (15/8).

Menurut Jusuf Kalla pada Munas 2019 pengurus Golkar sepakat untuk memajukan Airlangga sebagai kandidat calon presiden 2024. Namun ia menilai Airlangga bisa saja menentukan sikap berdasar dinamika politik yang berkembang. 

Ia pun berpandangan, setiap partai perlu berkoalisi dalam menghadapi Pilpres 2024. JK menyatakan menghargai keputusan Partai Golkar yang memilih masuk dalam barisan pendukung Prabowo.

"Kami menghargai hal tersebut, tinggal mereka menjalankan proses selanjutnya, bagaimana teknisnya," kata JK lagi. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...