Survei Litbang Kompas: Prabowo Ungguli Ganjar dalam Simulasi Dua Nama

Ameidyo Daud Nasution
21 Agustus 2023, 08:27
prabowo, ganjar, anies baswedan
Katadata

Persaingan antara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden 2024 masih ketat. Hal tersebut terlihat dari survei terbaru yang dirilis Litbang Kompas hari ini.

Dari hasil survei, nama Ganjar unggul tipis atas Prabowo dalam simulasi pilihan bebas. Ganjar mendapatkan elektabilitas 24,9%, sedangkan Prabowo dipilih 24,6% responden. Adapun, nama mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 12,7%.

Dalam simulasi 10 nama, elektabilitas Ganjar masih berada di posisi pertama dengan suara 29,6%. Sedangkan Prabowo berada di peringkat kedua dengan 27,1$ suara responden. Anies berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 15,2%.

Ganjar juga masih mengungguli Prabowo dalam simulasi lima nama. Politisi PDIP ini mendapatkan elektabilitas 31,8% suara, sedangkan Prabowo dipilih oleh 27,8% responden. Dalam simulasi ini, elektabilitas Anies tak beranjak jauh yakni di angka 15,6%.

Margin suara kembali menipis dalam simulasi tiga nama. Ganjar mendapatkan elektabilitas 34,1%, sedangkan Prabowo dipilih 31,3% responden. Anies masih berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 19,2%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...