PSI Keluarkan 4 Rekomendasi, Pilih Capres yang Dukung Cawapres Muda

Ira Guslina Sufa
23 Agustus 2023, 07:29
PSI
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie menyampaikan orasi politik di Kopdarnas Partai Solidaritas Indonesia di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (22/8).

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie menyampaikan empat rekomendasi dewan pimpinan wilayah (DPW) PSI terkait arah dukungan partai pada Pilpres 2024. Rekomendasi dibuat usai PSI menggelar pertemuan dengan pengurus dari seluruh provinsi di Indonesia.  

“Sebanyak 38 ketua DPW PSI sudah bermusyawarah,” kata Grace dalam kopi darat nasional (Kopdarnas) PSI di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (22/8) malam.

Rekomendasi pertama menurut Grace adalah meminta pengurus pusat PSI untuk kembali menyerap aspirasi dan keinginan rakyat terkait bakal calon presiden capres yang akan diusung. PSI hingga kini tetap berkomitmen memilih capres yang memiliki visi kerakyatan dan melanjutkan visi misi pembangunan Presiden Joko Widodo.

“Kami meminta DPP untuk ‘ojo kesusu’ dan terus mencermati dinamika politik yang berkembang, termasuk komitmen tegak lurus kepada Pak Jokowi agar dipegang teguh dalam keputusan yang menyangkut masa depan bangsa,” kata Grace

Kedua, DPW PSI meminta penentuan bakal capres dari PSI diambil tidak dengan melihat alasan tunggal. Penentuan capres juga dilakukan dengan mempertimbangkan faktor siapa calon wakil presiden yang akan mendampingi.

Grace menyebutkan dalam menentukan cawapres, pengurus diminta juga mencermati dinamika politik yang ada. Salah satunya adalah mencermati judicial review di Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai batas usia capres dan cawapres yang sedang diajukan oleh lembaga bantuan hukum PSI.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...