PDIP Klaim Kisruh Budiman Sudjatmiko Untungkan Ganjar Pranowo

Ira Guslina Sufa
25 Agustus 2023, 11:58
PDIP
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/Spt.
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan sambutan saat membuka acara pelatihan juru kampanye (jurkam) partai tingkat nasional dalam menghadapi Pemilu 2024 di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Sabtu (5/8/2023).

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto mengklaim polemik yang muncul terkait perubahan sikap Budiman Sudjatmiko justru menguntungkan partainya. Menurut Hasto polemik itu justru membuat elektabilitas Ganjar Pranowo yang sudah diusung sebagai calon presiden melejit. 

"Kejadian itu ternyata membuat elektoral Pak Ganjar 'rebound', hari ini dapat dukungan, besok dapat dukungan jadi artinya berpolitik itu harus dilakukan dengan etika yang baik," kata Hasto seperti dikutip dari Antara, Jumat (25/8). 

Hasto menjelaskan kasus Budiman justru menjadi pengingat pada kader untuk tetap menjunjung integritas. Menurut dia integritas merupakan hal  penting yang harus dipegang seorang politisi sehingga jangan sampai dikorbankan.

"Itulah yang paling penting bagi seorang pejuang terutama integritas. Itu melekat dalam karakter,” ujar Hasto. 

Hasto mengaku mendapat masukan dari kalangan milenial dan Gen Z dalam memahami perilaku Budiman Sudjatmiko yang menentang partai dengan mendukung Prabowo Subianto. Hasto mengatakan banyak kader di internal yang menilai Budiman seakan punya pacar baru 

PDIP Pecat Budiman Sudjatmiko

PDIP telah mengeluarkan surat pemecatan untuk Budiman pada Kamis (24/8). Berdasarkan salinan surat elektronik yang diterima Katadata.co.id, surat tersebut diteken oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto. 

"Memutuskan: memberikan sanksi organisasi berupa pemecatan kepada Sdr. Budiman Sudjatmiko, M.A. M.Phil dari keanggotaan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," tulis surat tersebut seperti dikutip, Jumat (25/8).

Politikus PDIP Deddy Yevry Sitorus membenarkan surat pemecatan itu menuturkan bahwa surat untuk Budiman sebagai kader PDIP telah dikirim lewat kurir.  Budiman dipecat oleh PDIP lantaran terang-terangan mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada pemilihan presiden 2024 mendatang. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...