Polri: Terduga Pelaku Pembunuhan Josi Putri di Jepang Telah Ditangkap

Ameidyo Daud Nasution
25 Agustus 2023, 14:52
jepang, wni, polri
Instagram Krisna Murti
Brigjen Pol. Krishna Murti resmi menduduki jabatan Kadiv Hubinter Polri. Foto: Instagram Krisna Murti.

Warga Negara Indonesia (WNI) berinisial JPC dipastikan menjadi korban pembunuhan. Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Irjen Pol. Krishna Murti mengatakan pihaknya menerima informasi dari otoritas Negeri Sakura.

“Polisi Jepang sudah berhasil menangkap terduga pelaku pembunuhan korban JPC pada 24 Agustus 2023,” kata Krishna di Jakarta, Kamis (24/8) dikutip dari Antara.

Terduga pelaku ditangkap polisi Jepang di salah satu stasiun di Tokyo pada Kamis (24/8) pukul 13.25 waktu setempat. Meski demikian, aparat akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut terlebih dulu.

“Regulasi di Jepang mewajibkan kepolisian Jepang untuk memeriksa tahap demi tahap,” katanya.

Sebelumnya, Keduataan Besar Republik Indonesia Tokyo memastikan perempuan yang ditemukan di Prefektur Gunma pada Selasa (22/8) merupakan WNI. Jenazah tersebut atas nama Josi Putri Cahayani.

Josi dikabarkan meninggalkan asrama Sekolah Bahasa Jepang sejak dua pekan lalu. Kontak terakhir dilakukan korban dan keluarga serta rekannya pada Kamis (17/8).

Kolega dan keluarga Josi lalu menghubungi KBR hingga lembaga pelatihan kerja yang menaungi. Diketahui, ia ternyata tengah bersama kenalannya, warga Jepang berinisial KK. KK Memiliki catatan kriminal pembunuhan pada 2017.

Sebelumnya, Kepolisian Jepang masih menyelidiki penyebab kematian seorang mahasiswi asal Indonesia bernama Josi Putri Cahayani (23). Jenazah perempuan itu ditemukan di sebuah apartemen dua lantai di Maebashi, Prefektur Gunma pada Selasa (22/8) pukul 16.40 waktu setempat.


Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...