Menkes Budi Usulkan Tiga Aksi Berdampak Perkuat Kesehatan di Kawasan

Syahrizal Sidik
26 Agustus 2023, 10:50
Menkes Budi Usulkan Tiga Aksi Berdampak Perkuat Kesehatan di Kawasan
Kementerian Kesehatan
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengusulkan tiga hal yang bisa dilakukan sebagai aksi yang berdampak di kawasan dalam rangkaian pertemuan Menteri Kesehatan ASEAN dan negara mitra ASEAN yang berlangsung pada 24-25 Agustus 2023 di Jakarta.

Usulan itu yakni, pertama, meningkatkan infrastruktur kesehatan di kawasan, dengan membekali negara-negara dengan peralatan yang diperlukan untuk pengawasan, penelitian dan pengembangan, serta produksi vaksin, farmasi, dan peralatan medis.

“Pembangunan infrastruktur ini harus dilakukan di seluruh negara, jadi kalau ada virus bisa dideteksi lebih awal,” kata Menkes Budi, dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu (26/8). 

Kedua, meningkatkan sumber daya manusia, berarti memastikan tersedianya individu-individu terampil atau yang dapat dengan cepat dimobilisasi melintasi perbatasan di wilayah kita kapanpun diperlukan. Selain itu, berbagi pengetahuan dan memberikan pelatihan keterampilan Prevention, Preparedness, and Response (PPR) selama pandemi juga penting.

Ketiga, seperti yang telah diskusikan selama dua hari terakhir, perbaikan mekanisme pendanaan sangatlah penting, baik pada masa damai maupun masa perang.

“Saya ingin menekankan bahwa situasi yang berbeda ini memerlukan mekanisme pencairan dana yang berbeda. Selama masa damai, pendanaan PPR harus mematuhi proses pengambilan keputusan standar, yang biasanya dipandu oleh rencana strategis jangka panjang,” tutur Menkes.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...