Ini 6 Aksi Kunci Menkes G20 untuk Perkuat Arsitektur Kesehatan Global

Ade Rosman
14 November 2022, 18:49
G20
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan sambutan saat pembukaan pertemuan G20 3rd Health Working Group di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (22/8/2022).

Juru Bicara G20 Bidang Kesehatan, Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan poin yang didorong Indonesia dalam pembahasan komitmen memperkuat arsitektur kesehatan global. Komitmen itu telah menjadi isu prioritas yang dibahas dalam pertemuan Menteri Kesehatan Negara G20 dalam rangkaian B20 Indonesia Summit, Bali. 

"Tentunya Kememkes bersama kementerian dan lembaga terkait ingin mengawal isu prioritas untuk arsitektur kesehatan global,” kata Siti dalam program Katadata Special Report G20 yang disiarkan di kanal YouTube Katadata Indonesia, Senin (14/11).

Siti menjelaskan, tiga prioritas tersebut yaitu memperkuat ketahanan kesehatan global, standarisasi protokol kesehatan  serta memperluas manufaktur dan penelitian hub-hub yang lebih luas lagi. Ia menjelaskan, pada kesempatan pertemuan menteri kesehatan negara-negara G20 telah disepakati enam aksi kunci yang menjadi komitmen dari menteri-menteri kesehatan negara G20.

"Semua negara tentunya akan bekerja sama secara kolektif untuk mengatasi masalah global  terutama untuk mempertahankan Kesehatan Global," kata Siti.

Adapun aksi kunci yang pertama adalah telah disepakatinya dana pandemi oleh negara G20. Menurut Siti, Dana Pandemi merupakan pencapaian yang cukup besar dan nyata dari presidensi Indonesia di G20. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...