TPA Sarimukti Terbakar, Cimahi Siapkan Belatung Urai Tumpukan Sampah

Andi M. Arief
31 Agustus 2023, 05:30
sampah, tpa sarimukti, cimahi
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Foto udara TPA Sarimukti yang terbakar di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (23/8/2023).

Pemerintah Kota Cimahi menyiapkan strategi khusus dalam menghadapi dampak timbunan sampah karena kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir Sarimukti. Mereka akan menyiapkan belatung untuk menyerap sampah organik yang menumpuk.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi Chanifah Listyarini mengatakan pihaknya akan mengedukasi masyarakat untuk memilah sampah. Masyarakat juga diimbau mengolah sampah organik masing-masing menjadi kompos.

Selain itu, petugas hanya akan mengangkut sampah organik setiap Senin-Selasa.  Sampah organik yang diangkut pada hari tersebut akan diolah oleh produsen belatung di Kota Cimahi.

Menurutnya, produsen belatung di Kota Tentara dapat menyerap sampah organik sekitar 230 ton per hari. Produsen belatung binaan pemerintah Kota Cimahi dapat menyerap sampah organik hingga 10 ton per hari. Sementara itu, produsen belatung swasta menyerap sekitar 220 ton per hari.

"Dalam keadaan darurat ini, sambil kami menyiapkan peningkatan produsen belatung di beberapa tempat yang siap mengolah sampah organik," kata Chanifah  kepada Katadata.co.id, Rabu (30/8).

Chanifah mengatakan TPA Sarimukti merupakan satu-satunya tempat pembuangan akhir di Kota Cimahi. Data Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi menunjukkan TPA Sarimukti menyerap 70% dari total sampah di Cimahi atau sebanyak 157 ton per hari.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...