Tiba di Jakarta, Sejumlah Kepala Negara Siap Hadiri Ajang KTT ASEAN

Lona Olavia
4 September 2023, 21:51
Tiba di Jakarta, Sejumlah Kepala Negara Siap Hadiri Ajang KTT ASEAN
ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Raisan Al Farisi/aww.
Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. (ketiga kiri) bersama Ibu Negara Louise Marcos (tengah) berbincang dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya saat tiba di Terminal VVIP Bandara Soekarno Hatta, Banten, Senin (4/9/2023).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyambut dengan hangat kedatangan Perdana Menteri (PM) Malaysia Dato' Seri Anwar Bin Ibrahim di Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, Senin (4/9). 

Menkominfo langsung menyambut Anwar Ibrahim sekitar pukul 15.32 WIB saat turun dari pesawat, dengan mengalungkan sehelai selendang bermotif khas Betawi. Sedangkan kepada istri PM Anwar Ibrahim, Wan Azizah Wan Ismail, diberikan satu buket bunga berwarna putih.

Selanjutnya, Menkominfo menemani PM Anwar Ibrahim beserta istri menyaksikan tarian sambutan juga khas Betawi, Geol Manis. Setelah menikmati sajian tarian itu, ketiganya langsung menuju kendaraan yang telah tersedia.

Pada hari yang sama, Menkominfo juga menerima kedatangan Sultan Brunai Darussalam, Hassanal Bolkiah.

Sejumlah kepala negara sahabat mulai berdatangan untuk menghadiri ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta 5-7 September 2023.

Halaman:

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...