Top Stories: Kendali Pasokan Gas di UE, Negara Bangkrut Akibat Utang

Aryo Widhy Wicaksono
6 September 2023, 10:18
Ilustrasi pipa gas Rusia Uni Eropa
123rf.com
Ilustrasi pipa gas Rusia Uni Eropa

Sejak konflik dengan Ukraina terjadi pada awal 2022, pengaruh Rusia terhadap pasokan gas alam Uni Eropa (UE) dinilai semakin berkurang. Hal ini terkait kondisi penyimpanan gas di Benua Biru itu yang telah mencapai 93% pada 2 September lalu.

Akan tetapi, ternyata Rusia masih mampu memberikan tekanan pada pasokan gas global untuk sebagian besar negara Eropa pada musim dingin akhir tahun. Lembaga keuangan asal Swedia, Skandinaviska Enskilda Banken (SEB), melaporkan bahwa Rusia menggunakan industri gas mereka untuk menekan Eropa saat musim dingin.

Tekanan Rusia terhadap kendali pasokan gas Eropa menjadi salah satu artikel dengan minat baca tinggi atau Top Stories Katadata.co.id. Artikel lain dalam Top Stories seperti risiko investasi, serta daftar negara yang bangkrut akibat utang.

Simak Top Stories Katadata.co.id"

1. Putin Masih Bisa Pegang Kendali Pasokan Gas di Eropa, Ini Buktinya

Pengaruh Rusia terhadap pasokan gas alam di Uni Eropa (EU) dianggap kian berkurang sejak terjadi konflik dengan Ukraina pada awal 2022. Hal ini seiring kondisi penyimpanan gas di Benua Biru yang telah terisi hingga 93% pada 2 September lalu.

Kendati demikian, Rusia masih dapat memberi tekanan pasokan gas global terhadap mayoritas negara Eropa pada musim dingin akhir tahun. Lembaga keuangan asal Swedia, Skandinaviska Enskilda Banken (SEB) melaporkan Rusia memanfaatkan industri gas mereka untuk menekan Eropa pada musim salju.

"Rusia dapat memberikan tekanan terhadap pasokan gas alam Eropa pada musim dingin ini jika memungkinkan," tulis SEB dalam sebuah catatan, dikutip dari oilprice.com pada Selasa (5/9).

Pengiriman gas oleh perusahaan Rusia, Gazprom ke pelanggan utamanya merosot karena terhenti ke hampir seluruh negara Eropa. Rusia telah memutus pasokan gas ke Polandia, Bulgaria, dan Finlandia selang beberapa pekan setelah berkonflik dengan Ukraina.

Ketahui lebih banyak mengenai Putin yang masih pegang kendali pasokan gas di Eropa.

2. 5 Risiko Investasi yang Wajib Diketahui

Dalam kegiatan investasi, ada beberapa risiko yang harus diperhatikan oleh investor atau calon investor. Risiko investasi ini menjadi krusial, karena turut menentukan strategi seperti apa yang akan diambil oleh calon investor, menyangkut jenis instrumen apa yang akan dipilih, serta jangka waktu nya.

Risiko merupakan komponen penting dalam penilaian prospek suatu investasi. Kebanyakan investor saat melakukan investasi menganggap risiko yang lebih kecil sebagai hal yang menguntungkan. Semakin kecil risiko investasi, semakin menguntungkan investasi tersebut. Namun, aturan praktisnya adalah semakin tinggi risikonya, semakin baik keuntungannya.

Risiko investasi dapat didefinisikan sebagai probabilitas atau kemungkinan terjadinya kerugian relatif terhadap hasil yang diharapkan dari investasi tertentu. Sederhananya, ini adalah ukuran tingkat ketidakpastian dalam mencapai keuntungan sesuai harapan investor.

Simak apa saja risiko investasi yang wajib diketahui.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...