Nasdem Tunggu Sikap Resmi PKS untuk Usung Anies - Muhaimin di Pilpres

Ade Rosman
6 September 2023, 18:34
Nasdem tunggu PKS
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali (kedua kanan) bersama Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu DPP Partai Nasdem Sulawesi Rachmat Gobel (kanan) memberikan keterangan kepada media pada acara jelang Apel Siaga Perubahan (ASP) Partai Nasdem di Nasdem Tower, Jakarta, Rabu (12/7/2023).

Wakil Ketua Umum Partai Nasional Demokrat atau Nasdem Ahmad Ali berharap Partai Keadilan Sejahtera segera menentukan sikap untuk memberikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar sebagai cawapres pendamping Anies Baswedan. Hal itu menurut Ali diperlukan untuk memudahkan penyusunan strategi pemenangan pasangan Anies - Muhaimin.

"Kami berharap sekali bahwa di dalam waktu tidak terlalu lama PKS juga telah akan memutuskan Cak Imin (Muhaimin) sebagai calon Wakil Presiden," kata Ali di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Rabu (6/9).

Saat ini, Nasdem berada dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan bersama PKS dan PKB. Sebelum PKB masuk, koalisi juga beranggotan Partai Demokrat. Partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono itu kemudian memutuskan hengkang dari koalisi usai penjodohan Anies dan Muhaimin sebagai pasangan capres dan cawapres 2024.

Adapun PKS telah menyatakan dukungan untuk Anies sebagai capres. Dukungan diperkuat dengan hasil keputusan Musyawarah Majelis Syuro atau MMS VIII PKS. Namun, untuk posisi cawapres, terlebih dengan adanya perombakan koalisi, PKS menyatakan perlu diadakan forum internal serupa untuk menentukan sikap PKS.

"Mengenai cawapres akan dibicarakan pada mekanisme Partai Keadilan Sejahtera," kata Ali.

Tak Hadir di Pertemuan dengan Nasdem dan PKB

Partai pengusung Anies dan Muhaimin pada Rabu (6/9) mengadakan pertemuan di NasDem Tower, Jakarta Pusat. Namun, pada kesempatan itu perwakilan PKS tak menghadirinya meskipun Ali mengklaim telah menyampaikan undangan.

"Mengenai PKS, sedianya dari kemarin kami berkoordinasi, nanti awalnya mendapat kepastian bahwa Sekjen PKS akan bersama-sama kami pada hari ini untuk berdiskusi bersama-sama," kata Ali.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...