Polusi Udara Tangsel Terburuk pada Agustus, Setara Hirup 117 Rokok

Tia Dwitiani Komalasari
10 September 2023, 12:13
Suasana gedung-gedung bertingkat dan perumahan warga dengan kabut polusi udara di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (7/9/2023). Berdasarkan data Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), kualit
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/tom.
Suasana gedung-gedung bertingkat dan perumahan warga dengan kabut polusi udara di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (7/9/2023). Berdasarkan data Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), kualitas udara Tangerang Selatan pada Kamis (7/9) terburuk di Jabodetabek dengan indeks kualitas udara tercatat 135.

Lembaga pemantau kualitas udara, Nafas, melaporkan bahwa Tangerang Selatan atau Tangsel merupakan kota dengan tingkat polusi udara terburuk sepanjang Agustus 2023. Dalam laporan terbarunya, Nafas menyebutkan bahwa polusi udara di Tangerang Selatan sama dengan menghirup 117 batang rokok.

Kadar polusi di Tangsel dihitung berdasarkan tingkat polusi PM2.5. Wilayah ini memiliki rata-rata konsentrasi PM2.5 sebanyak 63 μg/m³. Sementara berdasarkan standar WHO, kadar polusi seharusnya tidak melebihi 5 μg/m³.

Besar rata-rata konsentrasi PM2.5 di Tangerang Selatan termasuk dalam kategori tidak sehat, Terdapat dua kota lainnya yang masuk dalam kategori tidak sehat yaitu Bogor dan Tangerang. 

Sementara kota dengan rata-rata kosentrasi polusi yang tergolong kategori Tidak Sehat bagi Kelompok Sensitif yaitu  Depok, Bandung Raya, Bekasi, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Malang Raya, Semarang dan Surabaya Raya. 

Berikut daftar kota dengan tingkat polusi terburuk di Indonesia sepanjang Agustus 2023:

1. Tangerang Selatan 63 (Tidak Sehat)
2. Bogor 60 (Tidak Sehat)
3. Tangerang 56 (Tidak Sehat)
4. Depok 54 (Tidak sehat bagi kelompok sensitif)
5. Bandung Raya 54 (Tidak sehat bagi kelompok sensitif)
6. Bekasi 53 (Tidak sehat bagi kelompok sensitif)
7. DKI Jakarta 48 (Tidak sehat bagi kelompok sensitif)
8. DI Yogyakarta 43 (Tidak sehat bagi kelompok sensitif)
9 Malang Raya 42 (Tidak sehat bagi kelompok sensitif)
10. Semarang 41 (Tidak sehat bagi kelompok sensitif)
11. Surabaya Raya 37 (Tidak sehat bagi kelompok sensitif)
12. Kepulauan Seribu 26 (moderat)
13. Bali 21 (moderat)
14. Belitung 16 (moderat).

Nafas juga merinci 10 wilayah paling berpolusi dan membandingkannya dengan polusi rokok. Pengukuran jumlah ekuivalen rokok diukur berdasarkan rata-rata polusi PM2.5 dalam sehari 22 setara dengan 1 batang rokok. Berikut perbandingannya, seperti tertera dalam gambar: 

Polusi Agustus 2023
Polusi Agustus 2023 (Nafas)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...