Kualitas Udara Jakarta Jakarta Masuk Kategori Tak Sehat Pagi Ini

Ameidyo Daud Nasution
27 April 2024, 09:07
jakarta, udara, polusi udara
ANTARA FOTO/Jessica Wuysang/rwa.
Foto udara kawasan pulau reklamasi tertutup polusi di Jakarta, Jumat (6/10/2023).
Button AI Summarize

Kualitas udara Jakarta masuk dalam kategori tak sehat pada Sabtu (27/4) pagi. Dikutip dari laman AQI, kualitas udara Jakarta berada pada level 146 atau tak sehat pada kelompok masyarakat yang sensitif.

Sedangkan nilai polusi udara PM2,5 di Jakarta mencapai 54 mikrogram per kubik. Angka tersebut setara 10,8 kali lipat ambang batas yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Kualitas udara Jakarta juga masuk dalam posisi lima besar terburuk pagi ini. Nomor satu adalah Kathmandu, Nepal dengan level 186 atau sangat tidak sehat. Di bawahnya adalah Beijing dengan level kualitas udara 164.

Kategori tidak sehat adalah kualitas udara bisa merugikan manusia, hewan, tumbuhan dengan rentang PM2,5 sebesar 100 atau lebih.

Kategori lainnya adalah:

- Baik yaitu kualitas udara tak memberikan kerugian manusia, hewan, tumbuhan dengan rentang PM2,5 dengan rentang 0 hingga 50
- Sedang yaitu kualitas udara tak memberikan kerugian manusia, hewan, tumbuhan dengan rentang PM2,5 dengan rentang 51 hingga 100
- Sangat tidak baik yaitu yaitu kualitas udara memberikan kerugian manusia, hewan, tumbuhan dengan rentang PM2,5 dengan rentang 200 hingga 299
- Berbahaya yaitu kualitas udara memberikan kerugian serius pada manusia, hewan, tumbuhan.

Jakarta Diprediksi Hujan

Sedangkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprediksi Jakarta akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga pada malam ini. Adapun pagi ini cuaca Jakarta berawan.

BMKG juga memperkirakan suhu udara Jakarta berada di rentang 24 hingga 30 derajat Celsius. Adapun tingkat kelembapannya berada di kisaran 85 hingga 100.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...