Prabowo Terima Calon Anggota Koalisi, Zulhas: Partai Biru akan Datang

Ira Guslina Sufa
17 September 2023, 15:02
Prabowo
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kedua kiri), Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kedua kanan), Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra (kanan), dan Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta (kiri) berbincang sebelum melakukan pertemuan di DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis (14/9/2023).

Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan menyebut Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden bakal kedatangan anggota baru pada Minggu (17/9). Menurut Zulkifli partai yang akan datang itu memiliki ciri didominasi oleh warna biru. 

"InsyaAllah datang nanti sore, mudah-mudahan," kata menteri yang biasa disapa dengan Zulhas itu kepada awak media di Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (17/9).

Menurut Zulkifli calon anggota Koalisi Indonesia Maju itu akan datang ke kediaman Prabowo di Hambalang. Meski begitu ia tidak menjelaskan soal "partai biru" yang dimaksud. Dia menuturkan agenda di Hambalang tersebut bersamaan pembentukan tim pemenangan KIM yang akan dihadiri pimpinan partai koalisi itu.

"Oh iya nanti kami akan kumpul di Hambalang. Tunggu tanggal mainnya, mudah-mudahan ada yang baru datang," ucap dia.

Sebelumnya, Prabowo menyampaikan Koalisi Indonesia Maju tengah menyusun tim pemenangan menyongsong pilpres 2024. Koalisi saat ini terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang dan Partai Gelora. 

Prabowo saat konferensi pers usai pertemuan para ketua umum partai politik KIM di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis (14/9) menjelaskan bahwa pihaknya tengah menyusun nama yang akan menjadi ketua tim pemenangan. Prabowo pun mengaku akan mendekati beberapa tokoh terkait hal itu.

Namun demikian, Ketum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan itu belum dapat memastikan kapan tim pemenangan tersebut rampung. Di sisi lain Prabowo hingga kini belum menentukan sosok calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar. 

Salah satu partai yang saat ini tengah intens membangun komunikasi dengan Prabowo adalah Partai Demokrat yang juga identik berwarna biru. Partai Demokrat sebelumnya mendukung Anies Baswedan di Koalisi Perubahan. Namun Demokrat kemudian mundur dari koalisi perubahan setelah Anies menetapkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai calon wakil presiden. 

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...