Ada Ledakan di Rumah Sakit Kawasan Serpong, Polisi Ungkap Dugaan Sebab

Ira Guslina Sufa
21 September 2023, 12:55
ledakan di Serpong
Pixabay
Ilustrasi garis polisi. Foto: Pixabay.

Ledakan terjadi di Rumah Sakit (RS) Eka Hospital kawasan BSD Tangerang Selatan pada Kamis (21/9). Kanit Reskrim Polsek Serpong, Iptu Dovie Eudy menjelaskan ledakan terjadi pada pukul 05.00 WIB tadi pagi. 

Menurut Dovie berdasarkan temuan sementara ledakan diduga disebabkan kondisi panas berlebih (over heat) dari perangkat DPS penyimpanan listrik magnetic resonance imaging (MRI) di sebuah ruangan RS tersebut. Ledakan tersebut mengakibatkan kebakaran namun dapat dipadamkan oleh pihak keamanan.

 "Sementara dari alat DPS penyuplai listrik MRI. Itu over heat kemudian timbul percikan api dan meledak," kata Dovie seperti dikutip dari Antara, Kamis (21/9). 

Lebih jauh Dovie mengatakan tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. Meski begitu dia membenarkan telah terjadi kerusakan di salah satu ruangan RS tersebut yakni ruang radiologi.

Menurut Dovie situasi terkini di sekitar rumah sakit terpantau aman. Sementara itu pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan di TKP untuk memastikan bahwa ini tidak ada sabotase atau bahan kimia berbahaya.

"Kalau pasien nggak ada, langsung dipindah. Ada percikan api langsung dipindah semua. Jadi aman tidak ada korban jiwa. Sekarang masih olah TKP memastikan bahan kimia nya aman atau tidak, " ujar Dovie. 

Dia memastikan ledakan yang terjadi tidak menghentikan layanan rumah sakit. Manajemen telah melakukan sejumlah langkah mitigasi untuk memastikan situasi terkendali. 



Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...