Dampak Kabut Asap, Kualitas Udara Tiga Kota di Sumatera Terburuk di RI

Happy Fajrian
1 Oktober 2023, 15:38
kabut asap, karhutla, kualitas udara, polusi udara,
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/YU
Foto udara jembatan Ampera yang tertutup kabut asap di Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (1/10/2023).

Tiga kota di Sumatera memiliki kualitas udara terburuk di Indonesia pada Minggu (1/10) sore. Ketiga kota tersebut yaitu Jambi; Palembang, Sumatera Selatan; dan Pekanbaru, Riau. Buruknya kualitas udara di tiga kota ini dipicu oleh kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan kabut asap.

Menurut situs pemantau kualitas udara IQAir, Jambi berada di urutan teratas kota dengan kualitas udara buruk di Indonesia dengan indeks kualitas udara 191 yang masuk kategori merah atau “tidak sehat”.

Konsentrasi polutan PM2.5 di Jambi saat ini mencapai 133,2 mikrogram per meter kubik (µg/m³) yang 26,6 kali dari nilai panduan kualitas udara sehat tahunan dari WHO.

Kemudian Palembang berada di urutan kedua kota dengan kualitas udara terburuk di Indonesia sore ini dengan indeks kualitas udara 184. Kandungan polutan PM2.5 di udara Jambi saat ini mencapai 119 µg/m³ atau 23,8 kali dari standar WHO.

Menurut IQAir, kualitas udara di Palembang diperburuk oleh karhutla di Kayu Agung yang sempat membuat kualitas udara di kota ini masuk ke kategori ungu atau sangat tidak sehat dengan angka indeks kualitas udara mencapai 220 pada Kamis (28/9), 250 pada Jumat (29/9), dan 242 pada Sabtu (30/9).

Sementara itu Pekanbaru, Riau, menempati peringkat ketiga kota dengan kualitas udara terburuk, dengan indeks kualitas udara 162. Kandungan polutan PM2.5 di Pekanbaru sore ini mencaapai 77 µg/m³ dan PM10 8,3 µg/m³.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...