Jokowi Janjikan Bonus PNS Pindah ke IKN, Mulai Rumah hingga Tunjangan

Muhamad Fajar Riyandanu
3 Oktober 2023, 11:34
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) meninjau progres penanganan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Desa Agro Mulyo, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (23/9/2023).
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) meninjau progres penanganan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Desa Agro Mulyo, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (23/9/2023).

Presiden Jokowi menyiapkan beragam insentif dan fasilitas untuk para aparatur sipil negara alias ASN yang pindah tugas ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Insentif yang dijanjikan seperti rumah dinas tapak dan apartemen untuk para ASN yang wajib mutasi tugas.

Selain itu, Jokowi juga menjanjikan stimulus tambahan dalam bentuk tunjangan kemahalan hingga biaya pindah suami-istri dan anak. "Ini adalah masa depan baru dan sudah disiapkan insentif, kalau gak ada ini, alot pasti," kata Jokowi saat memberikan sambutan pada Pembukaan Rakornas Korpri yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa (3/10).

Jokowi menyatakan misi untuk mengangkut ASN dari sejumlah daerah, khususnya dari Pulau Jawa ke IKN merupakan langkah mendesak untuk mewujudkan pemerataan ekonomi nasional. Dia menyebut laju pertumbuhan ekonomi dan perputaran uang di Indonesia saat ini terkonsentrasi di Pulau Jawa.

Pulau Jawa sudah dihuni oleh 56 persen penduduk Indonesia yang jumlahnya mencapai 280 juta jiwa. Artinya, 150 juta penduduk Indonesia berada di Jawa.

"Sehingga daya dukung Pulau Jawa sudah tidak kuat. 150-an juta jiwa hidup di Jawa, PDB ekonomi 58 persen itu ada di Jawa," ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...