Survei Terbaru: Prabowo Kalahkan Ganjar di Jabar, Jatim dan Banten

Ira Guslina Sufa
4 Oktober 2023, 16:05
Survei
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/nz
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan pidatonya saat bertemu 1000 guru ngaji di Sleman, DI Yogyakarta, Rabu(20/9/2023).

Survei terbaru yang dirilis Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto sebagai calon presiden makin moncer jelang pemilu 2024. Berdasarkan survei terbaru Prabowo unggul di tiga provinsi dengan jumlah pemilih besar. 

"Prabowo unggul di tiga provinsi, Jawa Barat, Jawa Timur dan Banten," kata Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby seperti dikutip Rabu (4/10). 

Menurut Adjie di tiga provinsi, Prabowo mendapatkan suara tertinggi melebihi yang didapatkan calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Ganjar Pranowo. Sedangkan suara paling kecil diperoleh oleh Anies Baswedan. 

Prabowo saat ini menjadi calon presiden yang diusung Koalisi Indonesia Maju. Koalisi ini terdiri dari Gerindra, Golkar, Partai Amanat Nasional, Demokrat, Gelora, dan Partai Bulan Bintang. Adapun Ganjar didukung oleh PDIP bersama Partai Persatuan Pembangunan, Perindo, dan Hanura. 

Sedangkan Anies didukung oleh Koalisi Perubahan dan Persatuan yang terdiri dari Nasional Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Kebangkitan Bangsa, Di antara ketiga calon presiden saat ini baru Anies yang menetapkan calon wakil presiden yaitu Muhaimin Iskandar. 

Berdasarkan temuan LSI, suara Prabowo di Jawa Barat mencapai 37,6 persen. Sedangkan Ganjar meraih 26,7 persen suara dan Anies hanya mampu meraup dukungan sebanyak 23,3 persen.

Halaman:
Reporter: Nur Hana Putri Nabila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...