Jokowi Akan Jadikan Food Estate Merauke Sebagai Kawasan Ekonomi Khusus

Muhamad Fajar Riyandanu
10 Oktober 2023, 12:12
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbincang dengan Bupati Keerom Piter Gusbager usai memanen jagung di kawasan lumbung pangan (food estate) Kampung Wambes, Distrik Mannem, Keerom, Papua, Kamis (6/7/2023).
ANTARA FOTO/Sakti Karuru/Spt.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbincang dengan Bupati Keerom Piter Gusbager usai memanen jagung di kawasan lumbung pangan (food estate) Kampung Wambes, Distrik Mannem, Keerom, Papua, Kamis (6/7/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana menjadikan food estate di Merauke, Papua sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Wacana tersebut merupakan salah satu poin pembahasan dalam rapat internal antara Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono di Istana Merdeka, pada Selasa (10/10). 

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian sekaligus Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi.  

Airlangga mengatakan perubahan status food estate  Merauke menjadi KEK bakal memusatkan produksi pada komoditas pangan padi dan tebu. KEK Merauke bakal berdiri di tanah seluas 2 juta hektare dengan lahan garapan awal seluas  200 ribu hektare. 

"Kami belum bicara produksi, pemerintah berkonsentrasi pada tanaman padi dan tebu," kata Airlangga kepada wartawan usai rapat tersebut. Dia melanjutkan, pemerintah bakal menggandeng pihak swasta untuk pengembangan KEK Merauke lewat skema pendanaan public private partnership (PPP).  PPP merupakan bentuk perjanjian jangka panjang antara pemerintah, baik pusat ataupun daerah, dengan mitra swasta. 

Kendati demikian, Airlangga belum merinci pihak swasta mana saja yang telah berkomitmen untuk berinvestasi di KEK Merauke. "Investornya nanti," ujarnya. 

Airlangga berharap revisi status food estate Merauke menjadi KEK bisa dieksekusi dengan cepat seiring program food estate yang pernah berjalan. Program food estate Merauke merupakan usaha Indonesia untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional dalam jangka menengah maupun panjang.

Program tersebut terwujud dalam proyek Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE) yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2010. "Mengapa Merauke? Karena sudah pernah dikerjakan tahun 2010," ujar Airlangga. 

Plt Menteri Pertanian Arief Prasetyo Adi mengatakan konsep KEK Merauke bakal menjadi kawasan terintegrasi dari hulu ke hilir. Pemerintah saat ini tengah mempercepat pembangunan infrastruktur KEK Merauke, mulai dari saluran irigasi, pompa air hingga pelabuhan. 

"Kami mulai dari hulunya, on farm-nya, logistiknya, pasca-panennya, pengolahannya sampai kepada pasarnya," ujar Arief, pada kesempatan yang sama.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...