Gaza Dikepung Israel, Rumah Sakit hanya Mampu Bertahan Dua Pekan

Ameidyo Daud Nasution
11 Oktober 2023, 14:04
gaza, israel, palestina, hamas
Ashraf Amra/Reuters
Ilustrasi, sebuah gedung di Gaza hancur terkena serangan rudal Israel.

Warga Palestina di Gaza bersiap menghadapi serangan Israel dalam skala yang lebih mematikan. Mereka juga harus menghadapi kekurangan pasokan air, makanan, dan listrik ke Gaza.

Dengan Israel memutus pasokan listrik ke Gaza, maka masyarakat langsung merasakan dampaknya. Kekurangan listrik mengakibatkan warga tak bisa mengisi ulang baterai ponsel mereka.

Dampaknya, mereka terputus dari komunikasi dan berita. Pada malam hari, mereka berada dalam kegelapan total, sementara ledakan terus muncul dari serangan udara Israel.

Pejabat Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan rumah sakit diperkirakan akan kehabisan bahan bakar dalam dua pekan. Padahal, energi diperlukan peralatan untuk menyelamatkan nyawa pasien.

Blokade Israel juga mengakibatkan pasokan air terputus. Hal ini juga mengakibatkan sanitasi masyarakat, terutama di pengungsian terganggu.

Seorang anak bernama Israa al-Qishawi yang berusia 13 tahun merasakan kesulitan ini. Bocah yang tinggal di pengungsian ini kerap ingin ke toilet karena rasa takut, namun tidak ada air.

"Ini menjijikkan," kata al-Qishawi dikutip dari Reuters, Rabu (11/10).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...