Prabowo Ungkap Bakal Cawapresnya Mengerucut jadi 4 Nama

Ade Rosman
13 Oktober 2023, 21:43
prabowo, cawapres, gibran
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/nz
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan pidatonya saat bertemu 1000 guru ngaji di Sleman, DI Yogyakarta, Rabu(20/9/2023).

Bakal calon presiden Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto mengungkapkan empat kandidat calon wakil presiden yang akan mendampinginya dalam kontestasi pemilihan presiden 2024.

Hal ini merupakan hasil pertemuan para ketua umum partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju. Prabowo mengatakan setiap ketua umum telah menyampaikan pandangannya.

"Akhirnya kami malam hari ini sudah mengerucut menjadi empat nama," kata Prabowo saat konferensi pers di Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat (13/10) malam.

Prabowo mengungkapkan, empat kandidat calon presiden itu berasal dari luar Jawa, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Meski demikian, ia belum membocorkan nama-nama kandidat tersebit.

Nantinya, Koalisi Indonesia Maju dalam beberapa hari ke depan pun akan berkumpul kembali mematangkan nama-nama tersebut. "Kami juga tugaskan jaringan kita dan mesin partai masing-masing untuk mengecek ke akar rumput kami," katanya.

Pertemuan tersebut dihadiri Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta, Ketua Umum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana, dan Ketua Umum Partai Prima Agus Jabo Priono.

Sebelumnya, sejumlah nama mencuat sebagai kandidat calon wakil pendamping Prabowo. Nama-nama tersebut di antaranya Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Prabowo pun mengatakan deklarasi calon wakil presiden akan dilakukan usai Mahkamah Konstitusi memutuskan hasil uji materi ketentuan usia capres dan cawapres.

"Kita tunggu keputusan MK," kata Prabowo kepada wartawan di Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (11/10).

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...