Kolaborasi PSN & BRIN Perkuat Teknologi Satelit Indonesia

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
15 Oktober 2023, 14:44
MoU PSN dan BRIN diharapkan bisa semakin memperkuat ekosistem teknologi satelit dan penginderaan jauh berbasis hasil riset di Indonesia.
PSN
MoU PSN dan BRIN diharapkan bisa semakin memperkuat ekosistem teknologi satelit dan penginderaan jauh berbasis hasil riset di Indonesia.

PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), perusahaan satelit swasta pertama di Indonesia, menandatangani note kesepahaman dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Jakarta, 13 Oktober 2023.

MoU tersebut diharapkan bisa semakin memperkuat ekosistem teknologi satelit dan penginderaan jauh berbasis hasil riset di Indonesia.

Direktur Utama PSN Adi Rahman Adiwoso menjelaskan, Indonesia memiliki potensi dan kompetensi yang mumpuni dalam pemanfaatan teknologi satelit dan penginderaan jauh untuk berbagai kebutuhan. Hal ini ditunjukkan dengan status Indonesia sebagai pemilik satelit terbanyak di Asia Tenggara.

Melalui pengesahan MoU, PSN berharap dapat meningkatkan kemampuan Indonesia dalam bidang antariksa sekaligus katalisator teknologi satelit di Asia Tenggara.

“Berbekal pengalaman PSN lebih dari 32 tahun dalam industri satelit, serta keahlian BRIN dalam riset maka Indonesia diharapkan mempunyai kapabilitas untuk membangun satelit sendiri,” kata Adi dikutip dari siaran pers, Minggu (15/10).

Kolaborasi PSN dan BRIN diharapkan bisa menghasilkan kajian untuk menjadi landasan pemerintah membuat kebijakan ruang angkasa.

Sejauh ini, teknologi satelit mengalami perkembangan pesat. Hal ini dibuktikan dengan mudahnya serta biaya yang terjangkau untuk membangun satelit. Ditambah, pemanfaatan ruang angkasa akan dilakukan secara besar-besaran pada 2030.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...