Menlu Kecam Serangan ke Warga Sipil di Gaza, Minta OKI Bersikap Tegas

Ira Guslina Sufa
19 Oktober 2023, 09:01
Menlu
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz
Menlu Retno Marsudi bersiap memimpin jalannya Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (PMC) bersama China di Jakarta, Kamis (13/7/2023).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengecam serangan yang dilakukan pasukan Israel terhadap warga sipil di daerah Gaza, Pelestina. Kecaman itu disampikan Retno saat menghadiri Pertemuan Luar Biasa Tingkat Menteri Luar Negeri negeri yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Jeddah, Arab Saudi. Pertemuan itu diselenggarakan atas inisiatif beberapa negara, termasuk Indonesia.

“Pesan yang terus disampaikan Indonesia sangat jelas: stop eskalasi, fokus pada masalah kemanusiaan, dan selesaikan akar masalah sesuai parameter internasional yang telah disepakati,” ujar Retno dalam keterangan resmi yang dikutip Rabu (19/10). 

Menurut Retno satu jam setelah tiba di Jeddah, ia langsung melakukan pembicaraan per telepon dengan Menlu Inggris, James Cleverly. Sehari sebelumnya Retno juga telah menelepon Menlu Mesir untuk membahas situasi di Palestina. Bahkan ia mengatakan persoalan serupa juga dibicarakan pada saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok di Beijing. 

“Pertemuan OKI di Jeddah ini sangat penting artinya untuk memperkokoh kesatuan posisi OKI dalam meng-address situasi di Gaza yang semakin memprihatinkan,” ujar Retno. 

Sebelum pertemuan dimulai, terjadi serangan ke RS Al Ahly yang menewaskan lebih dari 500 masyarakat sipil. Selain mengecam serangan ke rumah sakit, Retno mengatakan Indonesia juga mengecam serangan Israel terhadap fasilitas sipil di Gaza dan seluruh wilayah pendudukan di Palestina. 

Menurut Retno, permintaan Israel untuk mengosongkan 22 rumah sakit di Gaza adalah sebuah tindakan yang tidak manusiawi dan bertentangan dengan hukum humaniter internasional. Permintaan itu menurut Retno harus diabaikan. 

Selain itu Retno mengatakan situasi sulit di Gaza membuat pemerintah sulit melakukan evakuasi terhadap WNI dari wilayah konflik tersebut. Karena itu Retno mengatakan Indonesia mendesak OKI harus mengirim pesan kuat sekaligus memobilisasi dukungan internasional untuk mengatasi situasi di Gaza.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...