Jokowi Kembali Jawab Isu Dinasti Politik: Masyarakat yang Menilai

Ameidyo Daud Nasution
24 Oktober 2023, 11:41
jokowi, gibran, dinasti politik
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Ibu Negara Iriana (kiri) bersiap meresmikan kereta cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Halim, Jakarta, Senin (2/10/2023).

Presiden Joko Widodo menjawab soal adanya anggapan dirinya membuat dinasti politik. Jokowi menyerahkan hal tersebut kepada penilaian dari masyarakat.

Anggapan soal dinasti politik muncul usai putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dideklarasikan sebagai calon wakil presiden Prabowo Subianto. Namun, Jokowi menjelaskan penentuan pemimpin dilakukan oleh rakyat dan bukan elite.

"Masyarakat yang menilai. Dalam pemilihan baik pilkada, wali kota, gubernur, presiden, yang menentukan itu rakyat," kata Jokowi di Jakarta, Selasa (24/10).

Jokowi pekan lalu menyerahkan seluruh anggapan soal Gibran kepada masyarakat.  "Serahkan masyarakat saja," kata Jokowi kepada wartawan usai menghadiri panen raya di Desa Karanglayung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada Jumat (13/10).

Prabowo Subianto juga telah angkat bicara mengenai Gibran Rakabuming Raka yang diterpa isu dinasti politik. Prabowo mengatakan dirinya pun berasal dari keluarga dinasti.

Prabowo mengatakan dirinya merupakan putra dari mantan Menteri Keuangan Indonesia, Soemitro Djojohadikoesoemo, dan cucu dari mantan Presiden Direktur Bank Negara Indonesia, Margono Djojohadikoesoemo.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...