DPR AS Loloskan Paket Bantuan Militer Senilai Rp 227 T Untuk Israel

Muhamad Fajar Riyandanu
3 November 2023, 18:19
Ilustrasi, sebuah gedung di Gaza hancur terkena serangan rudal Israel.
Ashraf Amra/Reuters
Ilustrasi, sebuah gedung di Gaza hancur terkena serangan rudal Israel.

Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) telah menyetujui rencana Partai Republik untuk memberikan bantuan militer sebesar $14,5 miliar atau sekira Rp 227,8 triliun kepada Israel.

Besaran dana tersebut diambil dari pemotongan dana Internal Revenue Service (IRS). IRS merupakan bagian dari Departemen Keuangan AS yang mengawasi pengumpulan pajak, terutama pajak penghasilan.

Ketetapan yang diatur dalam rancangan undang-undang itu berisi sejumlah paket bantuan militer AS kepada Israel, mencakup amunisi sistem pertahanan rudal Iron Dome dan sistem militer Pasukan Pertahanan Israel (IDF), David’s Sling senilai US$ 4 miliar. AS juga mengirimkan persediaan peralatan militer mereka ke Israel.

DPR AS saat ini dipimpin oleh politikus Partai Republik Mike Johnson, menggantikan Kevin McCarthy yang dicopot oleh Partai Republik pada pekan lalu. Johnson pada hari Kamis (2/11) mendesak Senat dan Gedung Putih untuk segera menyetujui RUU tersebut.

“Senat dan Gedung Putih tidak bisa membiarkan momen ini berlalu, dan saya mendesak mereka untuk bertindak cepat dan meloloskan RUU ini,” kata Johnson, dikutip dari AL-Jazeera pada Jumat (3/11).

Kendati demikian, RUU tersebut memiliki prospek yang kecil untuk menjadi UU setelah Presiden AS Joe Biden dan koleganya dari Partai Demokrat di Senat mengisyaratkan penolakan.  Perlawanan itu didasari karena adanya pemotongan anggaran belaja negara sekaligus mengurangi bantuan militer untuk Ukraina.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...