Serangan Israel ke Gaza Sebabkan 10 Ribu Tewas, PBB Desak Setop Perang

Ameidyo Daud Nasution
7 November 2023, 07:57
gaza, israel, pbb
Ashraf Amra/Reuters
Ilustrasi, sebuah gedung di Gaza hancur terkena serangan rudal Israel.

Jumlah korban dari serangan Israel ke Jalur Gaza terus bertambah dan menembus angka 10 ribu orang. Otoritas kesehatan Gaza mengatakan angka kematian saat ini telah mencapai 10.022 orang.

Dari angka tersebut, 4.104 merupakan anak-anak. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga menyebut Gaza telah menjadi kuburan untuk anak. "Ratusan anak (di Gaza) dilaporkan terbunuh atau cedera setiap harinya," kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres

Guterres mengatakan militer Israel terus mengebom warga sipil, rumah sakit, titik pengungsian, masjid, gereja, hingga fasilitas milik PBB seperti tempat perlindungan. Namun di sisi lain, ia mengatakan Hamas menggunakan warga sipil sebagai tameng hidup.

Ia juga mengatakan Guterres mengatakan 89 orang yang bekerja dengan badan pengungsi Palestina PBB (UNRWA) termasuk di antara korban tewas.

Badan-badan yang berada di bawah PBB juga mendesak adanya jeda kemanusiaan mengingat konflik telah berjalan 30 hari. "Ini harus dihentikan sekarang," demikian bunyi pernyataan 18 badan yang berada di bawah PBB.

Otoritas kesehatan Gaza mengatakan puluhan orang tewas akibat serangan udara Israel di utara dan selatan wilayah tersebut. Salah satunya adalah serangan ke rumah sakit kanker Rantissi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...