Ganjar Janji Perkuat Kerja Sama Terkait Ancaman Terorisme dan Narkoba

Muhamad Fajar Riyandanu
7 November 2023, 20:35
Ganjar Janji Perkuat Kerja Sama Terkait Ancaman Terorisme dan Narkoba
ANTARA FOTO/Wawan Hadi/ast/rwa.
Bakal calon presiden Ganjar Pranowo

Calon Presiden Ganjar Pranowo bakal menjalankan sejumlah paket kebijakan kerja sama internasional di kawasan Asia dan Asia Tenggara jika ditetapkan menjadi Presiden Indonesia periode 2024-2029.

Paket kebijakan tersebut terdiri dari upaya penanggulangan terorisme, kerja sama memerangi pengedaran narkoba dan mengurus perbatasan wilayah antar negara.

Advertisement

Pernyataan tersebut dikatakan oleh Ganjar saat menyampaikan Pidato Arah dan Stategi Politik Luar Negeri Calon Presiden yang disiarkan di Youtube CSIS Indonesia pada Selasa (7/11).

Perihal pengetatan wilayah perbatasan antar negara, Ganjar menyoroti sengketa wilayah lepas pantai yang terjadi antara negara-negara di Asia Tenggara di Laut Cina Selatan. Pada awal 2023, Cina telah mengklaim sembilan garis putus-putus ke wilayah laut dari Kepulauan Spratly yang disengketakan dengan Filipina, Brunei, Malaysia, Taiwan dan Vietnam.

Cina juga melebarkan batas wilayah lautnya ke Kepulauan Paracel yang juga diklaim oleh Vietnam dan Taiwan. Sementara itu, ketegangan di Laut Cina Selatan telah meningkatkan ancaman penetrasi Cina di Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia di Laut Natuna Utara. "Kita musti selesaikan itu, Indonesia dengan Laut Cina Selatan," kata Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar juga berencana untuk menggandeng kerja sama internasional untuk memerangi kejahatan terorisme dan pengedaran narkoba. Aksi terorisme, ujar Ganjar, merupakan tindakan yang mengancam keutuhan bangsa dan tak selaras dengan dasar negara Pancasila. Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri melaporkan terjadi penurunan aksi dan pelaku tindak pidana terorisme di Indonesia selama 2021-2023.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement