TPN Ganjar – Mahfud: Jumlah Warganet yang Tolak Putusan MK Capai Rekor

Amelia Yesidora
4 November 2023, 11:02
putusan mk, ganjar, mahfud,
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman (tengah) didampingi Hakim Konstitusi Enny Nurbaningsih (kanan) dan Juru Bicara MK Fajar Laksono (kiri) memberikan keterangan pers terkait dugaan pelanggaran etik dalam putusan batasan usia capres dan cawapres di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (23/10/2023).

Deputi Politik Tim Pemenangan Nasional Ganjar – Mahfud yakni Andi Widjajanto menyampaikan, suara kontra warganet terkait putusan MK atau Mahkamah Konstitusi soal calon presiden dan wakil presiden alias capres dan cawapres, mencapai rekor baru.

Berdasarkan social network analysis, suara kontra terkait putusan MK mencapai 88%. “Pengalaman saya menganalisis big data dengan social network analysis, mungkin itu kontra yang terbesar,” kata eks Gubernur Lemhannas dalam podcast Pergulatan Politik (Gultik) Katadata, yang tayang pada Jumat (3/11).

“Kontra terbesar sebelumnya pada saat polemik Undang-Undang atau UU Ciptaker. Saat itu suara kontra 86%,” Andi menambahkan.

Isu lain yang ramai menuai suara kontra di media sosial yakni rencana pemerintahan Presiden Jokowi tiga periode, yakni hampir 80%. 

Andi menjelaskan, suara kontra terkait putusan MK pada 16 Oktober, tidak hanya terlihat di media sosial, tetapi juga secara langsung. Data ini pun ia sampaikan kepada Presiden Jokowi, berikut rekomendasi kebijakan secara tertulis.

Namun menurut dia, tidak ada respons khusus dari Jokowi. Sebab saat itu Presiden sedang bersiap melakukan kunjungan luar negeri.

“Saya sadar bahwa saya sebagai gubernur Lemhannas bukan pemutus atau pembuat kebijakan. Presiden pasti memiliki pertimbangan lain untuk memutuskan. Tapi setidaknya saya sudah menjalankan kewajiban untuk menyampaikan kajian dengan data-data objektif,” kata Andi. 

Menurut Andi, suara-suara kontra itu menunjukkan kekhawatiran bahwa putusan MK menjadi titik awal beralihnya demokrasi Indonesia. Oleh sebab itu, ia meminta agar demokrasi tetap dijaga oleh seluruh pihak. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...