Bila Menang Pilpres, Ganjar Janji Berikan Perlindungan Pekerja Migran

Muhamad Fajar Riyandanu
7 November 2023, 18:40
Bakal calon presiden Ganjar Pranowo (kiri) memaparkan visi misinya pada acara Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (4/11/2023).
ANTARA FOTO/Hasrul Said/YU/rwa.
Bakal calon presiden Ganjar Pranowo (kiri) memaparkan visi misinya pada acara Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (4/11/2023).

Calon Presiden Ganjar Pranowo menyiapkan tiga kebijakan perlindungan terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) sebagai modal kampanye Pilpres 2024. Tiga kebijakan tersebut adalah perlindungan pekerja migran Indonesia, pengelolaan diaspora dan pemenuhan target Indonesia bebas visa di 120 negara.

Ganjar mengatakan perlindungan pekerja migran merupakan hal mendesak yang harus segera dilaksanakan. Hal ini sejalan dengan temuan Kementerian Luar Negeri per Juni 2023 yang mencatat ada 18.820 kasus pekerja migran Indonesia tak terdokumentasi.

Ganjar menduga, maraknya kasus pekerja migran yang tak terdokumentasi berangkat dari tindak kejahatan perdagangan orang atau human trafficking. Dia menyatakan memperoleh informasi tersebut dari pejabat teras kementerian di Kamboja dan Somalia.

"Ternyata ada semacam trafficking di sana," kata Ganjar saat menyampaikan Pidato Arah dan Strategi Politik Luar Negeri Calon Presiden yang disiarkan di Youtube CSIS Indonesia pada Selasa (7/11).

Untuk menekan jumlah kasus pekerja migran Indonesia yang tak terdokumentasi, Ganjar berjanji mendorong para diplomat dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di negara terkait untuk aktif membuka diri dan responsif dalam menerima segala bentuk laporan mengenai persoalan pekerja migran Indonesia.

"Andaikan ada sesuatu bisa cepat ditangani. Dan ternyata ini masalah besar, ada kekerasan fisik, penyanderaan, human trafficking sehingga butuh kerja sama internasional untuk perlindungan pekerja migran kita," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...