Poin-poin Pertemuan Tokoh Bangsa di Rumah Gus Mus

Image title
12 November 2023, 15:03
Sejumlah tokoh berkumpul dalam Majelis Permusyawaratan Rembang untuk membahas isu politik menjelang Pilpres 2024.
Katadata
Sejumlah tokoh berkumpul dalam Majelis Permusyawaratan Rembang untuk membahas isu politik menjelang Pilpres 2024.

Sejumlah tokoh nasional lintas agama menyambangi kediaman KH Mustofa Bisri atau Gus Mus untuk menghadiri Majelis Permusyawaratan Rembang, Minggu (12/11). Pertemuan tak biasa ini membicarakan situasi politik nasional yang cenderung memanas, terlebih setelah Mahkamah Konstitusi menetapkan perkara soal batas usia capres dan cawapres di bawah Anwar Usman yang menguntungkan Gibran Rakabuming Raka.

Goenawan Mohamad yang datang dalam pertemuan itu mengatakan sowan ke Gus Mus untuk berbagi rasa, saling menularkan semangat supaya kembali lagi ada kepercayaan kepada sesama di bangsa dan negara ini. "Sebab, zaman sekarang kepercayaan kepada sesama sangat tipis. Pertama, banyak sekali kebohongan, yang juga diucapkan oleh presiden dan orang-orang lainnya," kata Goenawan, Minggu (12/11), usai pertemuan.

Advertisement

Sastrawan senior itu kemudian melanjutkan, "Kalau sebuah masyarakat kehilangan saling percaya, ya, selesai." Yang kedua, kata dia, para tokoh yang tergabung dalam Majelis Permusyawaratan Rembang ini merasa prihatin. "Karena sekarang semua bisa dibeli, suara bisa dibeli, kedudukan bisa dibeli, sehingga yang ikhlas sudah mengalami erosi yang berat di Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata dia.

Sebab itu, kata dia, para tokoh ini berkumpul untuk mencegah dampak buruk atas hilangnya kepercayaan masyarakat. "Sehingga bangsa ini bisa menempuh perjalanan yang lebih lama," kata dia.

Goenawan mengkhawatirkan kondisi menjelang pemilu dan pilpres 2024 yang menurut dia, semmakin mencemaskan. "Karena aturan bersama mulai dibongkar-bongkar," kata dia.

Dalam pertemuan itu, Gus Mus tak ikut memberikan keterangan kepada media. Sebelumnya salah satu menantu Gus Mus, Wahyu Salvana, mengatakan undangan untuk berembuk bukan dari pihak Gus Mus. "Keluarga hanya menerima akan ada sejumlah tokoh lintas agama akan sowan ke kediaman Gus Mus," kata dia.

Terkait dengan selebaran yang beredar, ia menjelaskan, Gus Mus terkejut karena tak merasa mengundang nama-nama yang tertulis di selebaran tersebut. "Tak ada acara yang istimewa, apalagi yang menyangkut hal-hal yang tertulis seperti dalam flyer," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement