Sejumlah Tokoh Berembuk di Kediaman Gus Mus, Terkait Dinasti Politik?

Dini Pramita
12 November 2023, 12:14
Ilustrasi. Beredar informasi sejumlah tokoh berkumpul dalam Majelis Permusyawaratan Rembang untuk membahas isu politik Pilpres 2024.
Katadata
Sejumlah tokoh berkumpul dalam Majelis Permusyawaratan Rembang untuk membahas isu politik Pilpres 2024.

Sejumlah tokoh nasional lintas agama berkumpul bersama dalam Majelis Permusyawaratan Rembang yang akan diadakan pada hari ini (12/11), pukul 12.00. Pertemuan ini disebutkan akan diselenggarakan di kediaman KH Ahmad Mustofa Bisri atau dikenal dengan Gus Mus di Rembang, Jawa Tengah.

Sejumlah tokoh yang disebutkan namanya antara lain Ahmad Mustofa Bisri sebagai tuan rumah, Amin Abdullah, Andreas Anangguru Yewangoe, dan Antonius Benny Susetyo atau lebih dikenal dengan sapaan Romo Benny. Selain itu, ada pula Cara Juwono, Erry Riyana Hadjapamekas, Frans Magnis Suseno, Goenawan Muhamad, Gomar Gultom, Lukman Hakim Saifuddin, Nassaruddin Umar, dan Natalia Soebagjo.

Mayling Oey Gardiner, Omi Komaria Madja, Rhenald Kasali, Riris Sarumpaet, Sinta Nuriyah Wahid, Sri Pannavara Mahathera dan Sulistyowati Irianto juga disebut namanya sebagai tokoh yang turut diundang untuk berembuk.

Dalam selebaran yang menjadi pembicaraan di media sosial, agenda rembuk para tokoh nasional ini salah satunya adalah situasi politik menjelang Pemilihan Presiden 2024.

Sebelumnya, sejumlah tokoh tersebut secara terpisah pernah berkomentar mengenai kondisi politik Indonesia setelah Mahkamah Konstitusi menetapkan perkara soal batas usia capres dan cawapres di bawah Anwar Usman yang merupakan saudara ipar Presiden Joko Widodo, dan paman dari cawapres Gibran Rakabuming Raka.

Peristiwa itu menyebabkan istilah politik dinasti ramai dibahas. Salah satu tokoh yang disebut terlibat dalam rembuk, Goenawan Mohamad, menuliskan surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo yang berisi kekecewaan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...