Top News: Imbas Bunga BI 6% ke KPR, Ragam Korporat Donasi ke Palestina

Aryo Widhy Wicaksono
14 November 2023, 05:50
Pembangunan rumah subsidi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (4/5/2023).
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.
Pembangunan rumah subsidi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (4/5/2023).

Bank Indonesia telah menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 bps, sehingga besarannya menjadi 6%. Meski demikian, bank sentral memastikan likuiditas perbankan tetap longgar sehingga bank tak perlu menaikkan suku bunga kredit, termasuk kredit pemilikan rumah atau KPR.

Kenaikan suku bunga BI seiring dengan kenaikan bunga bank sentral AS, The Federal Reserve yang lebih agresif mencapai 5,25% sejak tahun lalu.

Rata-rata bunga deposito naik lebih tinggi dibandingkan bunga kredit. Berdasarkan data suku bunga dasar kredit yang dirilis sejumlah bank besar di situsnya masing-masing, pada 11 November 2023, rata-rata bunga KPR masih pada kisaran satu digit.

Imbas kenaikan bunga BI menjadi 6% terhadap KPR menjadi salah satu artikel terpopuler dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id. Selain mengenai kenaikan bunga BI, simak juga profil orang terkaya di Indonesia, serta daftar perusahaan yang memberikan donasi kepada Palestina.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Bunga BI Kini 6%, Bagaimana Nasib Bunga KPR?

Bank Indonesia telah menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 bps pada pertemuan Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan lalu menjadi 6%. Meski demikian, bank sentral memastikan likuiditas perbankan tetap longgar sehingga bank tak perlu menaikkan suku bunga kredit, termasuk kredit pemilikan rumah atau KPR.

Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter (DKEM) BI Erwindo Kolopaking menjelaskan, setiap kebijakan moneter ketat selalu diiringi dengan kebijakan makroprudensial yang longgar. Hal ini, menurut dia, dilakukan untuk memastikan agar kenaikan suku bunga acuan tak membebani masyarakat dengan kenaikan bunga kredit.

"Itu mengapa suku bunga naik, likuiditas kami tambah. Jadi setiap kebijakan moneter akan diikuti dengan likuiditas yang longgar," ujar Erwindo saat berbincang dengan media di Raja Ampat, Papua Barat, akhir pekan lalu.

BI menaikkan suku bunga acuan mencapai 2,25% sepanjang tahun lalu dan kembali menaikkan suku bunga 25 bps pada Oktober. Kenaikan suku bunga BI seiring dengan kenaikan bunga bank sentral AS, The Federal Reserve yang lebih agresif mencapai 5,25% sejak tahun lalu.

2. Profil Prajogo Pangestu, Orang Terkaya RI Pernah Jadi Sopir Angkot

Taipan asal Indonesia, Prajogo Pangestu menyalip posisi raja batu bara Low Tuck Kwong, Robert Budi Hartono, dan Michael Hartono sebagai orang terkaya nomor satu di Indonesia.

Menurut data Forbes Real Time Billionaire-List yang diakses pada Senin (13/11), Prajogo Pangestu memiliki nilai kekayaan bersih sebanyak US$ 37,4 miliar atau setara dengan Rp 585,44 triliun (kurs Rp 15.653 per dolar AS). Adapun pada siang ini, putra pedagang karet itu masuk ke posisi 100 besar orang terkaya di dunia, tepatnya ada di posisi ke-32.

Di posisi kedua, orang terkaya di Indonesia versi Forbes mencatat nama pemilik perusahaan tambang batu bara, PT Bayan Resources Tbk (BYAN), Low Tuck Kwong dengan total kekayaan US$ 26,5 miliar atau sebanyak Rp 414,79 triliun. Posisi Low Tuck Kwong turun menjadi urutan ke-53 orang paling kaya di dunia.

Disusul pemilik Grup Djarum, Robert Budi Hartono yang berada di posisi ketiga dengan nilai kekayaan bersih mencapai US$ 24,3 miliar atau Rp 380,35 triliun. Sedangkan Michael Hartono di posisi keempat dengan kekayaan bersih mencapai US$ 23,2 miliar atau sebesar Rp 363,14 triliun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...