Profil Muhammad Syaugi, Pilot Pesawat Tempur Jadi Kapten Timnas AMIN

Safrezi Fitra
14 November 2023, 15:22
timnas amin, Muhammad Syaugi Alaydrus, tim pemenangan anies-muhaimin, tim pemenangan amin
Kapten Timnas Pemenangan Anies-Muhaimin Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus. (ANTARA/Fauzi Lamboka)
Kapten Timnas Pemenangan Anies-Muhaimin Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus.

Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau disingkat AMIN menetapkan Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus sebagai Kapten Timnas. Timnas adalah sebutan untuk tim pemenangan yang dibentuk pasangan capres dan cawapres, sesuai persyaratan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk bisa mengikuti Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pasangan Anies dan Muhaimin menetapkan Syaugi sebagai kapten Timnas AMIN karena dianggap sebagai sosok yang lengkap, cerdas secara akademik, dan lihai dalam latihan tempur. Syaugi yang mahir menerbangkan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon, juga meraih Adhi Makayasa setelah menjadi lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1984.

Salah satu prestasi yang diingat publik adalah ikut sebagai tim aerobik Elang Biru yang tampil memukau di Indonesian Air Show (IAS) tahun 1996 di Bandara Soekarno Hatta. Jabatan terakhir jenderal bintang tiga ini adalah Direktur Jenderal Perencanaan Pertahanan Kementerian Pertahanan RI.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah mengangkat Syaugi menjadi Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas pada 2017. Saat menjadi Kepala Basarnas, Syaugi memimpin langsung pencarian korban kecelakaan Lion Air JT 610 tahun 2018 lalu.

"Kapten Timnas Bapak Marsekal Madya Muhammad Syaugi Alaydrus. Belau pilot jet tempur F-16 dengan rekam terbang 4.000 jam terbang dan beliau pernah menjadi kepala Basarnas. ini adalah Top Gun-nya kami," kata Anies Baswedan saat mengumumkan komposisi lengkap Timnas Amin di Jalan Pangeran Diponegoro 10, Jakarta, Selasa (14/11).

Anies berharap M Syaugi bisa membawa pasangan AMIN bisa 'terbang' dan mengangkat elektabilitasnya dalam Pilpres 2024. Dia juga berharap dengan pengalaman sebagai pimpinan lembaga pertolongan dan pencarian, Syaugi bisa bekerja bersama-sama 'menyelamatkan' bangsa Indonesia.

Syaugi mengatakan Timnas Amin siap memenangkan pasangan Amin menjadi presiden dan wakil presiden pada 2024. "Bismillah, saya yakin dengan rekam jejak Amin akan milih perubahan Indonesia yang lebih baik. Dalam kesebelasan kita akan bermain benar. Mudah mudahan bisa bawa pasangan Amin jadi presiden dan wakil presiden," kata Syaugi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...