Profil Pendiri Tokopedia Leontinus Edison Jadi Co-Captain Timnas Anies

Lenny Septiani
14 November 2023, 17:02
Pengumuman Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Jakarta, Selasa (14/11). Foto: Amelia Yesidora.
Katadata
Pengumuman Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Jakarta, Selasa (14/11). Foto: Amelia Yesidora.

Pendiri Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, menjadi co-Captain dari Timnas pemenangan nasional pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar. Timnas adalah sebutan untuk tim pemenangan yang dibentuk pasangan capres dan cawapres, sesuai persyaratan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk bisa mengikuti Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sebelum bergabung dengan Timnas AMIN, Leon sudah mengundurkan diri dari Tokopedia. “Per 31 Oktober 2023, Leontinus Alpha Edison telah melepas posisinya di Tokopedia,” kata Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan kepada Katadata.co.id, Selasa (14/11).

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa Leontinus Alpha Edison sudah tidak terlibat dalam kegiatan manajemen di Tokopedia sejak Gojek dan Tokopedia merger membentuk GoTo pada 2021.

Leontinus bersama William Tanuwijaya mendirikan Tokopedia pada 2009. Awalnya, Leontinus dan William resah melihat infrastruktur teknologi di Indonesia yang belum merata.

Akses masyarakat yang tinggal jauh dari kota besar terhadap Internet masih terbatas. Mereka pun membangun marketplace yang dapat menghubungkan penjual dan pembeli di seluruh tempat di Indonesia.

“Saya adalah salah satu pendiri teknis Tokopedia, sebuah pasar terbuka yang memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk membangun dan mengembangkan bisnis online mereka dengan mudah, serta memberikan pengalaman berbelanja online yang lebih baik,” tulis Leontinus di laman LinkedIn, dikutip Selasa (14/11).

Leon dan William mengembangkan Tokopedia yang awalnya sebagai marketplace, kini menjadi perusahaan teknologi infrastructure-as-a-service (IaaS), mulai dari logistik hingga tekfin akan memberdayakan perdagangan, baik secara daring (online) maupun luring ((offline).

Sebelum mendirikan Tokopedia, memiliki berbagai pengalaman dalam pengembangan perangkat lunak di berbagai jenis industri, termasuk ISP, Asuransi, Maskapai Penerbangan, dan beberapa proyek pemerintah.

Setelah lulus pendidikan sarjana teknologi informasi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada 1999 hingga 2003, Leon bekerja di beberapa perusahaan. Setelah itu dia bekerja sebagai website developer beberapa perusahaan.

Saat ini, Leontinus menduduki posisi sebagai President Commissioner di startup bernama Dekara. Dekara adalah perusahaan teknologi yang menyediakan produk dan layanan untuk perusahaan.

Ia menjelaskan Dekara memiliki tujuan untuk menjadi mitra yang paling berharga untuk mendukung perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...