Diminta Jokowi Setop Konflik Gaza, Apa Respons Presiden AS Joe Biden?

Muhamad Fajar Riyandanu
14 November 2023, 18:29
jokowi, joe biden, israel
Instagram @jokowi
Presiden Amerika Serikat Joe Biden melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Washington DC, Amerika Serikat, Senin (13/11)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk segera mengambil inisiatif tertentu demi menghentikan perang antara Israel dan Palestina di Jalur Gaza. Permintaan tersebut disampaikan Jokowi saat melaksanakan pertemuan bilateral dengan Biden di Gedung Putih, Washington DC, Senin (13/11).

Dalam pertemuan tatap muka antara kedua pemimpin negara tersebut, Jokowi juga menyampaikan agar kemitraan kedua negara dapat berkontribusi terhadap perdamaian global.

"Indonesia mengimbau AS untuk berbuat lebih banyak untuk menghentikan kekejaman di Gaza yang dilakukan secara massal. Ini demi kemanusiaan," kata Jokowi dalam siaran pers yang disiarkan oleh Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa (14/11).

Mendengar hal tersebut, Biden tak menjelaskan responsnya kepada media. Kendati demikian, keterangan pers Gedung Putih mengatakan kedua pemimpin negara itu bertukar pandangan mengenai krisis yang sedang berlangsung di Gaza.

Jokowi dan Biden sepakat bahwa mereka harus bekerja sama dan dengan mitra regional lainnya untuk mewujudkan perdamaian lewat solusi dua negara alias two state solution.

Two state solution merupakan kerangka penyelesaian konflik Israel-Palestina dengan mendirikan dua negara untuk dua bangsa, yakni negara Israel untuk bangsa Yahudi dan Palestina untuk rakyat Palestina.

Pada tahun 1993, Pemerintah Israel dan Organisasi Pembebasan Palestina alias Palestinian Liberation Organization (PLO) menyepakati rencana penerapan solusi dua negara sebagai bagian dari Perjanjian Oslo.

Narasi mengenai penghentian perang antara Israel dan Palestina lewat jalur two state solution juga pernah diserukan oleh Wakil Presiden Maruf Amin.

"Supaya kembali upaya untuk menyelesaikan persoalan Palestina ini kepada kesepakatan PBB," kata Ma'ruf kepada wartawan usai memberikan sambutan utama di Forum AALCO ke-61 di Nusa Dua Convention Center (NDCC) pada Senin (16/10).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...