Selain Ridwan Kamil, Ini Daftar Tokoh yang Masuk Bursa Cagub Jabar

Ameidyo Daud Nasution
23 November 2023, 16:12
ridwan kamil, jawa barat, dedi mulyadi, gubernur
Biro Adpim Jabar
Serah terima jabatan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil periode 2018-2023 kepada Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (5/9/2023).

Pemilihan Kepala Daerah akan digelar usai Pemilihan Presiden 2024. Sejumlah partai telah menyiapkan kader-kadernya untuk maju dalam pemilihan gubernur.

Salah satu daerah yang akan diperebutkan adalah Provinsi Jawa Barat. Partai Golkar juga menyiapkan kader andalan yang juga Gubernur Jabar 2018-2023 Ridwan Kamil untuk maju.

"Pak Ridwan Kamil (di) Jabar," kata Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (21/11).

Meski demikian, Ridwan Kamil bukan satu-satunya nama calon yang berpotensi maju. Dari sejumlah survei, ada pula nama mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi hingga mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf juga masuk bursa.

Berikut nama-nama yang berpotensi maju di Pilgub Jabar.

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil telah resmi diusung oleh Partai Golkar untuk maju dalam Pilgub Jabar 2024. Ia sebelumnya merupakan Gubernur Jawa Barat sejak 2018 hingga 2023.

Mantan Wali Kota Bandung tersebut sejak beberapa bulan lalu telah mengutarakan niatnya. Beberapa opsi yang tersedia adalah maju dalam Pemilihan Presiden, pindah ikut Pilgub DKI, hingga ikut lagi dalam Pilgub Jabar.

"Tinggal perjodohannya seperti apa," kata Ridwan saat wawancara dengan Katadata.co.id seperti dikutip pada Rabu (23/8). 

Meski demikian, belakangan Partai Golkar memutuskan Ridwan Kamil maju sebagai cagub Jabar. Golkar merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Maju yang mengusung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...