Sandiaga Uno: Bank Dunia Mau Beri Indonesia Rp 465 M untuk Pariwisata

Desy Setyowati
27 November 2023, 06:39
Sandiaga Uno, bank dunia, pariwisata,
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/rwa.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berdiskusi dengan pelaku ekonomi saat Workshop KaTa Kreatif Indonesia di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (14/7/2023).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan Bank Dunia setuju memberikan pendanaan US$ 30 juta atau sekitar Rp 465 miliar untuk kelanjutan program Kampanye Sadar Wisata alias KSW pada 2024.

“Bank Dunia setuju pada 2024 akan menyediakan tambahan pendanaan untuk kelanjutan program ini,” kata Sandiaga Uno di Jakarta, Minggu.

Selain dari Bank Dunia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf akan menyiapkan dana pendukung untuk kelanjutan program KSW 2024. Kementerian pun masih menggodok perhitungan anggaran untuk program ini.

Sandiaga mengatakan dana-dana tersebut bakal digunakan untuk mendukung desa-desa wisata yang membutuhkan peningkatan sumber daya manusia atau SDM dan penguatan kelembagaan.

Kemenparekraf akan memastikan dana yang ada turut diimbangi dengan tata kelola yang baik. Perencanaan program KSW terus dimatangkan agar program dapat tereksekusi dengan baik, tepat sasaran, manfaat, dan waktu.

“Akan kami pastikan agar semua dengan tata kelola yang baik dan melibatkan semua pihak. Bukan hanya perencanaan, tapi juga penggunaan dan audit supaya dana ini bisa secara akuntabel digunakan bagi kesejahteraan rakyat,” kata dia.

Sementara itu, Kemenparekraf memberikan penghargaan kepada desa atau kampung wisata terbaik pada pada program Kampanye Sadar Wisata 5.0. Ini bertujuan memberikan dorongan kepada desa wisata agar meningkatkan kinerja.

Penghargaan terdiri dari lima kategori dengan total 19 pemenang. Sandiaga menambahkan para peraih penghargaan diharapkan dapat termotivasi untuk bisa mengeskalasi dan mengamplifikasi desa mereka masing-masing dengan promosi maupun akselerasi produk wisata.

“Jadi ini langkah konkret yang pemerintah bisa lakukan. Semoga ini bisa membuka peluang usaha, penciptaan lapangan kerja, dan memperkuat perekonomian kita,” ujar Sandiaga.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...