Bank Dunia Setujui Pinjaman Rp 7,49 T untuk Kelistrikan Indonesia

Image title
29 Juni 2023, 10:46
Bank Dunia
Dok PLN
Ilustrasi, pembangkit listrik.

Bank Dunia menyetujui program baru untuk meningkatkan akses ke listrik yang berkelanjutan dan berbiaya rendah di Indonesia bagian timur. Program ini juga akan memperkuat ketahanan infrastruktur dan mendukung kemampuan masyarakat untuk beradaptasi dengan perubahan iklim.

Mengutip Energy Central, Bank Dunia akan memberikan pinjaman sebesar US$ 500 juta atau setara dengan Rp 7,49 triliun (asumsi kurs Rp 14.996,75/US$), untuk disalurkan ke program Indonesia Sustainable Least-cost Electrification-1 (ISLE-1).

Ini merupakan program infrastruktur kelistrikan yang akan menghubungkan 500.000 pelanggan baru atau sekitar 2 juta orang ke jaringan listrik, meningkatkan investasi tenaga surya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan menurunkan biaya pembangkit listrik sebesar 20%. Ini juga akan meningkatkan kapasitas PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), untuk mengelola transisi energi.

Wakil Presiden Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik Manuela V. Ferro mengatakan, program ISLE-1 akan memobilisasi pembiayaan sektor swasta untuk transisi energi Indonesia dan membantu masyarakat beradaptasi dengan perubahan iklim.

Sehingga, rumah tangga di komunitas miskin di kepulauan Indonesia Timur akan memiliki akses ke listrik yang lebih andal dan berkelanjutan dan bisnis akan mengalami lebih sedikit gangguan terhadap produksi mereka.

"Proyek ini adalah contoh bagaimana Grup Bank Dunia membantu negara-negara mengintegrasikan aksi iklim ke dalam rencana pembangunan mereka dan memobilisasi pendanaan sektor swasta untuk pembangunan," ujar Ferro, dalam keterangan resminya.

Program ini utamanya akan mendukung peningkatan sistem operasional dan proses bisnis PLN dan akan memperkuat jaringan untuk integrasi dan elektrifikasi energi terbarukan di timur Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...