Cerita di Balik Tambahan Kuota Haji 2024, RI Mengalah soal Piala Dunia

Andi M. Arief
28 November 2023, 10:46
haji, kuota haji, piala dunia
Pexels
Indonesia mendapatkan tambahan kuota sebanyak 20 ribu jemaah pada penyeleggaraan haji 1445 H/2024 M.

Indonesia mendapatkan tambahan kuota sebanyak 20 ribu jemaah pada penyeleggaraan haji 1445 H/2024 M. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bercerita, tambahan kuota tersebut diperoleh karena Indonesia merelakan keinginan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 dan berbalik memberikan dukungan kepada Arab Saudi. 

Ketua Partai Amanat Nasional ini menemani Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kenegaraan ke Arab Saudi, Amerika Serikat, dan Cina selama 12 hari. Di Arab Saudi, Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Konfederasi Islam atau KTT OKI. Jokowi juga melakukan pertemuan bilateral dengan  Putra Mahkota yang juga Perdana Menteri Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman Al-Saud atau MBS.

Dalam pertemuan bilateral antara Jokowi dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Indonesia mendapatkan tambahan kuota haji pada tahun depan. Menurut Zulkifli, tambahan kuota tersebut adalah balasan dari Arab Saudi karena Indonesia mengalah dan mendukung mereka sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034.

Indonesia sebelumnya berencana untuk ikut dalam tender Tuan Rumah Piala Dunia 2034. Menurut Zulkifli, sudah ada 80 negara yang mendukung Indonesia meski dukungan baru dikumpulkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir, sedangkan Arab Saudi mengumpulkan dukungan dari 100 negara. 

"Sebenarnya agak goyang dan Arab Saudi khawatir juga. Tapi Pak Jokowi berhitung, akhirnya memutuskan untuk mundur dan mendukung Arab Saudi. MBS senangnya minta ampun," kata dia.  

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...