Jokowi Melawat ke Arab Saudi dan Amerika Serikat, Apa Hasilnya?

Agustiyanti
19 November 2023, 09:25
jokowi, gaza, palestina, israel
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/Spt.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) dan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (kanan) memberikan keterangan pers di VVIP Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (10/11/2023) malam. Presiden berangkat menuju ke Riyadh Arab Saudi untuk menghadiri KTT Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu, sekitar pukul 03.10 WIB, setelah melakukan lawatan ke Arab Saudi dan Amerika Serikat. Salah satu misi utama Jokowi dalam lawatan ke dua negara tersebut adalah mendorong perdamaian di Gaza. Palestina.

Kedatangan Jokowi di Bandara Soekarno-Hatta disambut Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan Pj. Gubernur Banten Al Muktabar.

Di Arab Saudi, Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Sabtu (11/11). Dalam KTT Luar Biasa OKI tersebut, Jokowi mendorong OKI untuk bersatu dan berada di garda depan untuk menyelesaikan krisis di Gaza, Palestina.

Dalam konferensi pers saat lawatannya, Jokowi menyerukan agar Israel dan Palestina segera melakukan gencatan senjata untuk mengakhiri perang di Jalur Gaza yang memanas sejak 7 Oktober lalu. Ia juga mendesak Israel untuk tidak menjadikan fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan sebagai sasaran serangan.

Pesan ini juga disampaikan Jokowi kepada Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam pertemuan di Gedung Putih, Washington D. C., Amerika Serikat, Senin (13/11). "Saya sangat berharap AS dapat tunjukkan kepemimpinannya dan berada di garis depan untuk membela keadilan dan kemanusiaan bagi bangsa Palestina, bagi perdamaian dan kemerdekaan Palestina berdasarkan two state solution," kata Jokowi.

Hal serupa juga disampaikan Jokowi dalam KTT APEC di San Francisco, Amerika Serikat, pada Jumat (17/11). Jokowi mendesak para pemimpin APEC untuk menghentikan perang, menyegerakan gencatan senjata, dan memastikan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat Gaza dapat dikirimkan tanpa hambatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...