Anies Pelajari Isu Hukum - HAM Terkini Hadapi Debat Capres Perdana

Ira Guslina Sufa
11 Desember 2023, 16:25
Anies
ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi/YU
Calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan menyapa relawan dan simpatisan se-Bengkulu di gedung sport center Kota Bengkulu, Bengkulu, Rabu (6/12/2023).

Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan bersiap menghadapi debat calon presiden perdana yang bakal digelar Selasa (12/12). Menurut Anies salah satu persiapan yang dilakukan adalah dengan mempelajari kondisi hukum hingga hak asasi manusia (HAM) terkini di Indonesia. 

"Ada hal-hal yang hari ini dianggap penting terkait dengan masalah hukum, HAM, demokrasi, tentu harus baca-baca," kata Anies usai menghadiri dialog yang digelar oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Jakarta, Senin (11/12). 

Anies mengatakan tidak ada persiapan spesifik yang ia ataupun tim nasional siapkan menghadapi debat. Menurut Anies, informasi kegiatannya pada hari debat perdana itu akan diumumkan baik itu terkait titik keberangkatan, hingga tempat berkumpul tim pemenangan.

Jadwal Anies pada hari Senin hanya menghadiri satu kegiatan, yakni mengisi dialog yang digelar Apindo. Sebelumnya, pada hari Minggu (10/12), dia tidak melakukan kunjungan kampanye dan hanya melakukan kegiatan privat.

Tim Nasional Pemenangan Anies dan Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) menyatakan bahwa Anies dan Muhaimin kompak memilih libur dari kampanye pada hari Minggu (10/12) untuk mempersiapkan kegiatan debat perdana.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin (13/11) telah menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024. Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa (14/11) menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Adapun jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. Pada masa kampanye ini, KPU juga menjadwalkan pelaksanaan debat sebanyak lima kali.

Seluruh rangkaian debat akan diselenggarakan di Jakarta secara berurutan pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023, 7 dan 21 Januari 2024, serta 4 Februari 2024. Adapun tema debat perdana pada hari Selasa (12/12) meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...