Jelang Debat Kedua, Ini Persiapan Gibran, Muhaimin dan Mahfud MD

 Zahwa Madjid
19 Desember 2023, 17:28
Gibran
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar (kanan), berbincang dengan Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka (kir) dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peninngkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Debat kedua calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024 akan berlangsung pada Jum’at, 22 Desember 2023. Adapun debat kedua kali ini akan diikuti oleh cawapres Pemilu 2024.

Dalam debat yang berdurasi 120 menit itu, akan dihadiri para cawapres mulai dari Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD. Mereka akan saling adu gagasan seputar tema ekonomi pada pekan ini.

Adapun isu yang dibahas dalam debat tersebut terkait isu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Persiapan Cak Imin

Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Anies Baswedan-Cak Imin, Irvan Pulungan, mengatakan, pihaknya memiliki workshop yang tidak hanya menyiapkan materi, namun juga mempersiapkan Cak Imin agar bisa menyampaikan dan mengartikulasikan visi-misinya secara tepat. 

Workshop itu, jadi ada visi-misi dan diturunkan agar bahasanya artikulatif. Itu fungsi workshop, jadi gampang membahasakannya dalam waktu yang sempit,” ujar Irvan kepada wartawan di Jakarta, Selasa (19/12).

Pihaknya optimis, Cak Imin dapat menguasai debat nanti. Irvan juga menilai, Anies Baswedan dan Cak Imin memiliki latar belakang aktivis dan keduanya pernah berada di lembaga negara. Jadi, perdebatan mengenai pengelolaan negara dan ekonomi negara bukanlah sesuatu yang baru bagi mereka. 

“Cak imin lama di DPR. Tidak perlu di brief dalam-dalam menurut saya, karena Gus Imin ini aktivis PMII, ketua partai, anggota DPR, wakil ketua DPR. Debat itu makanan sehari-hari. Jadi pede,” ujar Irvan.

Gibran Akan Beri Kejutan

Sementara Dewan Pakar TKN Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabumin, Drajad Wibowo menilai, persiapan debat Gibran sudah sangat bagus. Bahkan, anak pertama presiden Joko Widodo ini akan memberikan sejumlah kejutan.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...