KPU Lakukan Perubahan di Debat Kedua, Sediakan Podium untuk Cawapres

Ira Guslina Sufa
19 Desember 2023, 06:10
Debat
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar (kanan), berbincang dengan Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka (kir) dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Komisi Pemilihan Umum (KPU)  mengubah tata laksana debat calon wakil presiden yang akan berlangsung pada Jumat (22/12) mendatang. Merujuk hasil rapat yang digelar bersama tim sukses masing-masing calon presiden dan calon wakil presiden pada Senin (18/12) KPU menyepakati untuk menyediakan Podium. 

“Catatan kemarin atau evaluasi sudah kita sepakati bersama, di antaranya semua tim paslon mengajukan usulan bahwa di dalam debat nanti kedua dan seterusnya masing-masing sampai kelima, itu disiapkan podium sederhana sebagai sarana untuk tampil," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Kantor KPU RI seperti dikutip Selasa (19/12). 

Menurut Hasyim penambahan podium menjadi salah satu hal yang membedakan debat cawapres dari debat sebelumnya. Sementara itu untuk mekanisme debat, Hasyim mengatakan masih menggunakan format yang sama dengan debat capres pada Selasa 12 Desember.

Hasyim menjelaskan berdasarkan evaluasi bersama format debat capres yang telah berlangsung sudah sesuai baik dari segi durasi waktu maupun pelaksanaan. Format debat tersebut sudah menjadi kesepakatan awal semua pihak.

 “Semua punya kesempatan untuk menjawab yang diajukan panelis maupun masing-masing capres/cawapresnya, sehingga kesempatan berbicara lebih banyak walau kurang mendalam karena cakupan tema banyak,” ujar Hasyim. 

Pada segmen pertama, para cawapres akan terlebih dahulu menyampaikan visi, misi, program kerja oleh masing-masing. Kemudian untuk segmen kedua dan ketiga, para cawapres akan menjawab pertanyaan yang sudah diajukan oleh tim panelis.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...