Jokowi Undang Kepala Desa ke Istana, Titip Pesan Jaga Pemilu Damai

Muhamad Fajar Riyandanu
29 Desember 2023, 18:17
Kepala desa
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/rwa.
Kepada desa dan Lurah berfoto dengan latar belakang deretan motor dinas baru untuk lurah dan kepala desa di Wonogiri, Jawa Tengah, Senin (3/4/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang sejumlah aparatur desa termasuk kepala desa ke Istana Merdeka Jakarta pada Jumat (29/12). Organisasi yang terpantau hadir yakni Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi), Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) dan Asosiasi Kepada Desa (AKD) Jawa Timur.

Bendahara Umum Papdesi, Sujiono, menceritakan pertemuan tersebut membahas soal progres revisi Undang-Undang (UU) Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Selain itu, ujar Sujiono, Jokowi juga menitipkan pesan kepada para pimpinan desa untuk menjaga ketertiban Pemilu 2024.

"Pak presiden tadi menitipkan kepada kami para kepala desa yang hadir untuk menjaga pemilu tidak ada kecurangan, damai dan lancar," kata Sujiono saat ditemui usai pertemuan.

Sekretaris Jenderal DPP Papdesi, Senthot Rudi Prastiono mengklaim pertemuan antara para kepala desa dan Jokowi tak sekalipun menyentuh isu ranah politik. Pertemuan tersebut hanya fokus pada komitmen pemerintah untuk menjaga ketertiban jelang, saat dan sesudah pemilu 2024.

"Kami sebagai pemerintahan terkecil komitmen pemilu damai, wajar kalau kami komunikasi dengan presiden," ujar Senthot.

Perihal materi pembahasan revisi UU Desa, Senthot menjelaskan bahwa naskah tersebut sudah selesai dibahas di Badan Legislasi DPR. Revisi UU Desa akan dibahas kembali oleh DPR setelah masa reses yang berlangsung hingga 15 Januari 2024.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...