Jokowi Janjikan Bangun KEK Industri Kayu dan Mebel kepada Eks Relawan

Muhamad Fajar Riyandanu
29 Desember 2023, 17:11
Pengunjung melihat koleksi mebel yang dipamerkan pada acara Obral Mebel Kualitas Ekspor di Mall The Park, Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat (4/8/2023).
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/nym.
Pengunjung melihat koleksi mebel yang dipamerkan pada acara Obral Mebel Kualitas Ekspor di Mall The Park, Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat (4/8/2023).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi berencana untuk membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) industri kayu sebelum habis masa jabatan pada Oktober 2024. Rencana itu disampaikan Jokowi bersama Menteri Investasi Bahlil Lahadalia kepada organisasi pengusaha Sedulur Kayu dan Mebel atau Sekabel di Istana Merdeka Jakarta pada Jumat (29/12).

Sekabel ini merupakan relawan pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Ketua Umum Sekabel, Setyo Wisnu Utomo, menceritakan bahwa ada 30 daerah yang diusulkan untuk menjadi KEK Industri Kayu.

"Saya belum bisa bocorkan lokasinya, kalau dibocorkan nanti harga tanahnya naik enggak karuan. Mohon maaf," kata Wisnu saat ditemui usai rapat.

Dia melanjutkan, rencana pembangunan KEK industri kayu berawal dari keresahan Jokowi terkait performa industri kayu dan mebel yang belum menunjukkan kontribusi signifikan terhadap pemasukan negara.

Menurut Wisnu, industri kayu dan mebel domestik punya potensi untuk menjadi sektor usaha unggulan, mengingat saat ini ada ribuan perusahaan yang telah menyerap jutaan tenaga kerja.

Belum optimalnya pengembangan industri kayu dan mebel domestik terlihat dari selisih capaian ekspor Vietnam dan Indonesia. Menurut Wisnu, besaran ekspor produk mebel Indonesia hanya US$ 2 miliar, sementara Vietnam mencapai US$ 15,7 miliar.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...