Ganjar Gagas Program SMK Gratis Berlaku Nasional, Berapa Anggarannya?

Ade Rosman
29 Desember 2023, 19:27
Ganjar Pranowo
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.
Calon presiden-wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud MD tiba untuk mengikuti debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menggagas program sekolah menengah kejuruan atau SMK gratis untuk keluarga tidak mampu ke tingkat nasional. Program itu dibuat sebagai alasan untuk mengentaskan kemiskinan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Sebelumnya, program SMK gratis ini telah dilakukan oleh Ganjar ketika menjadi gubernur di Jawa Tengah. Pengalaman baik saat mengembangkan SMK gratis itu akan dibawa Ganjar untuk berlaku nasional bila nanti ia terpilih menjadi presiden. 

"Jadi, setelah kami lihat praktik yang sudah berjalan di SMKN Jateng untuk keluarga miskin dan mereka langsung bisa bekerja maka Ganjar-Mahfud berkeinginan untuk menjadikan program itu bisa kita kembangkan secara nasional," kata Ganjar usai menghadiri acara "Launching SMK Gratis Langsung Kerja untuk Keluarga Miskin" di Lapangan Pule, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Jumat.

Menurut Ganjar program SMK gratis akan dilakukan di setiap kabupaten dan kota di Indonesia. Ia yakin bila upaya itu dilakukan secara sistematis dapat mengentaskan kemiskinan serta meningkatkan kualitas SDM dalam negeri.

"Kalau kami mulai tahun pertama di setiap kabupaten/kota yang bisa menyerap keluarga miskin maka Insyaallah ini akan menjadi program yang secara sistematis bisa mengentaskan kemiskinan serta meningkatkan kualitas SDM," ujar Ganjar.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...