Obituari Rizal Ramli: Mantan Menteri yang Gemar Kritik Utang

Agustiyanti
Oleh Agustiyanti - Faiz Manshur
2 Januari 2024, 21:28
Rizal Ramli, utang, ekonom, kritik, rizal ramli meninggal dunia.
Ameidyo Daud|KATADATA
Rizal Ramli meninggal dunia di usia 69 tahun pada Selasa (2/1).
Button AI Summarize

Mantan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Rizal Ramli meninggal dunia di usia ke-69 tahun pada Selasa (2/1/2024). Semasa hidupnya, Rizal Ramli juga dikenal sebagai ekonom kritis yang gemar mengkritik kebijakan pemerintah, termasuk soal utang.

Rizal Ramli adalah mantan tokoh pergerakan mahasiswa, ahli ekonomi dan politisi Indonesia. Ia juga sempat tiga kali menjabat sebagai menteri di dua pemerintahan. 

Ia pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada 2021 dan Menteri Keuangan pada tahun berikutnya. Dua jabatan tersebut diemban Rizal Ramli saat pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid.

Pria yang lahir di Padang, Sumatera Barat pada 10 Desember 1954 ini juga sempat menjabat sebagai menteri koordinator bidang kemaritiman di awal pemerintahan Presiden Joko Widodo pada 2015. 

Rizal juga pernah dipercaya sebagai anggota tim panel penasehat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama beberapa tokoh ekonom dari berbagai negara lainnya. Ia bahkan pernah menolak jabatan internasional sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Economic & Social Commission of Asia and Pacific (ESCAP) yang ditawarkan PBB pada November 2013. Ia beralasan ingin fokus mengabdi pada negara. 

Rizal yang merupakan lulusan s1 Teknik Fisika ITB dan Doktor Ekonomi Boston University juga pernah menjabat sebagai Ketua Perum Bulog dan komisaris di BUMN, yakni Semen Gresik dan BNI. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...