Deretan Alutsista Bekas yang Digunakan TNI

Image title
9 Januari 2024, 09:25
Alutsista
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ilustrasi, prajurit TNI dengan alutsista melakukan defile dalam Gladi Bersih HUT Ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta TImur, Kamis (3/10/2019).
Button AI Summarize

Salah satu topik yang menjadi pembahasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 pada Minggu (7/1), adalah mengenai alat utama sistem persenjataan atau alutsista.

Dalam debat, calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan mengkritik capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, yang merupakan Menteri Pertahanan. Anies menyoroti kebijakan Kementerian Pertahanan yang kerap membeli alutsista bekas dengan dana besar.

Merespons kritik tersebut, Prabowo menyebut Anies tak mengerti masalah pertahanan. Ia menjelaskan, dalam dunia pertahanan, hampir 50% alutsista merupakan barang bekas.

Kebijakan pembelian perlengkapan militer bekas kerap dipilih oleh pemerintah, sebagai salah satu cara untuk melakukan peremajaan dan modernisasi perlengkapan pertahanan.

Alutsista TNI AD, Tank Leopard.
Alutsista TNI AD, Tank Leopard. (AWG97)

Daftar Alutsista Bekas yang Digunakan oleh Indonesia

Pembelian alat utama sistem persenjataan bekas memang tidak ideal. Namun, Indonesia memiliki keterbatasan dalam hal rasio belanja militer dengan produk domestik bruto (PDB) yang dijaga di bawah 1%.

Banyak alat utama sistem persenjataan yang digunakan oleh Tentara Nasional Indonesia atau TNI, saat ini merupakan alutsista bekas. Meski demikian, bukan berarti perlengkapan tersebut jelek kualitasnya. Sebaliknya, beberapa yang dibeli TNI, meski bekas tetapi masuk dalam jajaran perlengkapan militer modern.

Berikut ini beberapa contoh alat utama sistem persenjataan milik TNI, dari matra darat, laut, dan udara yang dibeli bekas.

1. Alutsista Matra Darat

Untuk matra darat, beberapa contoh alat utama sistem persenjataan yang dibeli bekas, antara lain:

  • Tank Leopard 2

Alutsista TNI AD, Tank Leopard
Alutsista TNI AD, Tank Leopard (Dok. Instagram Batalyon Kavaleri 8/NARA SINGA WIRATAMA)

TNI Angkatan Darat (TNI AD) mengoperasikan 42 unit Leopard 2A4 dan 61 units Leopard 2RI. Tank Leopard ini dibeli dari AD Jerman pada 2013 lalu.

Tank ini sebelumnya merupakan surplus AD Jerman, dan telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan Indonesia. Terutama Leopard 2S, yang banyak dimodifikasi untuk menyesuaikan dengan medan tropis Indonesia, sehingga namanya kemudian diubah dengan mengganti "S" dengan "RI", yang merupakan singkatan dari Republik Indonesia.

  • Marder 1A2S

Alutsista TNI AD, Marder
Alutsista TNI AD, Marder (TNI AD)

TNI AD membeli 50 unit Marder 1A3 bekas pakai AD Jerman pada 2013 lalu. Pembelian alutsista bertipe Infantry Fighting Vehicle (IFV) ini, merupakan bagian dari paket pembelian MBT Leopard 2A4/2A6.

Marder boleh dikatakan IFV kelas satu yang digunakan oleh NATO. Kendaraan tempur ini sudah mendapat predikat battle proven, karena telah menunjukkan kehandalan dalam misi pertempuran di Afghanistan.

  • M113 A1

Alutsista TNI AD, M113
Alutsista TNI AD, M113 (TNI AD)

TNI AD mengoperasikan 150 M113A1-BE APCs dan 5 M113 Arisgator, yang dibeli dari Belgia. M113 merupakan kendaraan pengangkut personel yang dibuat Amerika Serikat (AS), namun Beligia memiliki lisensi untuk memproduksinya.

Ranpur ini pertama kali diperkenalkan sebagai bagian dari alutsista TNI AD pada Oktober 2014. Kendaraan tempur ini ditempatkan di satuan Infanteri Mekanis.

M113 sudah teruji ketangguhannya. Selain mengangkut personel, ranpur ini juga bisa membuka belukar di hutan untuk dijadikan jalan. Karena ketangguhannya, M113 dijuluki green dragon.

2. Alutsista Matra Laut

Beberapa alutsista TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang dibeli bekas dan masih aktif bertugas hingga saat ini, antara lain:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...